Kamis, 07 Desember 2017

Soal Ujian di Madrasah Aliyah Banjarmasin Bahas Khilafah Bikin Heboh Warganet

ALHIDAMART.COM - Soal Ujian di Madrasah Aliyah Banjarmasin Bahas Khilafah Bikin Heboh Warganet Mendadak viral selembaran soal ujian yang berlangsung di Sekolah Madrasah Aliyah (MA) di Banjarmasin yang beredar luas di media sosial facebook memperlihatkan bahasan soal KHilafah dimana pada materi di MA tersebut cenderung seperti memberikan pembelajaran pada siswa untuk mengetahui asal muasal Khilafah.

Salah satu Soal terkait Khilafah di Madrasah Aliyah Banjarmasin tersebut nampak terlihat ada sebuah pertanyaan berbunyi ‘Siyasah Syar’iyah’, selanjutnya dalam soal tertulis terkait pengertian siyasah syar’iyah tersebut. Selanjutnya soal kedua terkait diambil kata dasar Khilafah yang dalam soal tertulis diambil dari kata bahasa Arab "Khalafa – Yakhlifu – Khilaafatan" selanjutnya ditanyakan artinya.

Kabar terbaru yang kami dapatkan setelah beredar luas soal di MA tersebut, Pemerintah melalui Kementerian Agama langsung memberikan keputusan yang sangat tepat dimana mereka memutuskan untuk kembali melakukan ujian susulan bagi mata pelajaran Fiqih yang membahas soal Khilafah.

Madrasah Aliyah Banjarmasin Khilafah - Facebook
Madrasah Aliyah Banjarmasin Khilafah - Facebook


Kamaruddin Amin selaku Dirjen Pendidikan Islam mengatakan, apabila menyikapi viralnya soal Khilafah di Ujian Madrasah Aliyah di banjarmasin dirinya atas mandat Kemenag telah mencabut soal ujian tersebut dan selanjutnya diadakan ujian susulan.

Untuk menarik soal ujian ini pihak Ditjen Pendidikan Islam dikabarkan akan lakukan koordinasi dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Banjarmasin. Dari penjelasan Kamaruddin terkait adanya soal Khilafah ternyata dibuat oleh guru yang ada di MGMP (Musyarawah Guru Mata Pelajaran).

Dilain tempat, Setjen Kemenag Mastuki selaku Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi mengungkapkan untuk masalah Khilafah di Madrasah Aliyah Banjarmasin ini sebetulnya masih biasa saja dan bukan masalah besar selagi gurunya bisa menjelaskan dengan tuntas terkait Khilafah.

Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon