Senin, 11 Juni 2018

Kapan Lebaran 2018? Nu dan Muhammadiyah Sepakat Hari Raya Idul Fitri 1439H Jatuh Pada Tanggal Ini

Kapan Lebaran 2018? Nu dan Muhammadiyah Sepakat Hari Raya Idul Fitri 1439H Jatuh Pada Tanggal Ini - Banyak sekali pertanyaan yang sekarang ini muncul di benak masyarakat Indonesia tentang Kapan lebaran 2018 atau hari raya Idul Fitri 1439 Hijriyah akan dilakukan, dan ternyata untuk masalah penentuan dan penetapan tanggal satu Syawal atau hari raya Idul Fitri mendatang dipastikan setelah dilakukan sidang isbat yang dikabarkan akan berlangsung pada hari Kamis 14 Juni 2018 yang akan datang setelah sholat Maghrib.

Walaupun begitu, dari berbagai sumber yang kami dapatkan pertanyaan masyarakat tentang Kapan lebaran 2018 dipastikan antara Nahdlatul Ulama atau NU dan Muhammadiyah selaku dua ormas terbesar di Indonesia, keduanya dipastikan akan sama di mana untuk hari raya Idul Fitri 2018 kemungkinan besar akan jatuh pada tanggal 15 Juni 2018 atau tempatnya pada hari Jumat yang akan datang.

Dari pengakuan nahdlotul ulama apabila mereka dipastikan akan mengikuti anjuran pemerintah setelah dilakukan peneropongan Hilal dan juga melakukan sidang isbat yang nantinya akan diikuti oleh beberapa ormas Islam yang ada di tanah air. Apabila diperkirakan untuk hadirnya tanggal satu Syawal 2018 pihak Nahdlatul Ulama langsung melimpahkan kepada ketua lembaga falakiyah PBNU pusat dan daerah.

Penetapan 1 Syawal 1439H - Lebaran 2018


Untuk jatuhnya Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah dipastikan antara NU dan Muhammadiyah akan sama yaitu pada hari Jumat 15 Juni 2018 yang akan datang, tapi untuk NU memastikan akan mengikuti penetapan dari pemerintah setelah dilaksanakan hilal.

Kapan Lebaran 2018 - IG
Kapan Lebaran 2018 - IG


Sedangkan dari pengakuan ormas Islam Muhammadiyah seperti yang diungkapkan PW Muhammadiyah Muhammad Nurdiansyah mengatakan, apabila Muhammadiyah dipastikan akan melaksanakan hari raya Idul Fitri pada hari Jumat 15 juni 2018 yang akan datang dan hal tersebut sudah dipastikan untuk Muhammadiyah walaupun mereka bisa saja mengikuti apa yang menjadi keputusan Menteri Agama dan pemerintahan Indonesia.

Seperti diketahui sebelumnya, apabila ormas Muhammadiyah sudah menegaskan apabila penetapan 1 syawal 1439 Hijriyah atau hari raya Idul Fitri jatuh pada hari Jumat 15 Juni 2018 mendatang, dikarenakan hal tersebut sudah diakui melalui sebuah surat maklumat pimpinan pusat Muhammadiyah yang sudah beredar luas di Indonesia.

Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon