Selasa, 21 Agustus 2018

Niat dan Tata Cara Shalat Idul Adha Terlengkap 2018

Niat dan Tata Cara Shalat Idul Adha Terlengkap 2018 - Menjelang hari H pelaksanaan salat hari raya Idul Adha 2018 yang akan berlangsung pada hari Rabu, 21 Agustus 2018 besok, maka sudah menjadi hal biasa apabila banyak diantara umat muslim yang kembali ingin mengetahui apa saja niat dan tata cara sholat Idul Adha yang baik dan benar supaya mereka bisa melakukan ibadah idul qurban dengan baik dan sempurna, oleh karena itu pada artikel kali ini kami akan membahas masalah tersebut supaya menjadi referensi untuk anda semua.

Doa Niat dan tata cara sholat Idul Adha lengkap 2018 yang akan kami bahas pada artikel kali ini bertujuan Supaya kembali mengingatkan kepada anda apa saja niat dan apa saja hal yang harus dilakukan ketika anda melakukan salat idul Adha berjamaah baik di dalam masjid maupun di lapangan. Harus anda ketahui apabila salat Sunnah Idul Adha termasuk sunnah muakkad di mana salat id bagi umat Islam ini walaupun bersifat sunnah akan tetapi sangat dianjurkan untuk tidak ditinggalkan.

Ada beberapa sunnah sebelum Anda pergi melakukan salat Idul Adha di Masjid ataupun di lapangan seperti salah satunya sangat dianjurkan untuk berpuasa menjelang pergi ke tempat salat Idul adha, mandi terlebih dahulu, menggunakan minyak wangi, dan dianjurkan memakai baju putih atau baju yang bersih.

Doa Niat dan tata cara sholat Idul Adha - IG
Doa Niat dan tata cara sholat Idul Adha - IG


Untuk waktu sholat Idul Adha sendiri Yaitu dimulai setelah tingginya matahari seukuran tombak sampai tergelincir matahari dan yang paling utama untuk melakukan salat Idul Adha yaitu dilakukan pada awal waktu Supaya umat muslim bisa menyembelih hewan kurban mereka dengan baik dan benar dan selanjutnya daging bisa disebar kepada mereka yang berhak.

Doa diantara takbir sholat Idul Adha 


Berbeda dengan salat pada umumnya Ketika anda melaksanakan salat Idul Adha dan Idul Fitri ada doa yang biasa dibacakan saat Anda takdir dan doa tersebut mempunyai lafal sebagai berikut:

سُبْحَانَ اللهِ وَالحَمْدُ لِلهِ وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِاَللَّهِ الْعَلِيِّ الْعَظِي 

Untuk keterangan bagi anda, doa di atas adalah disyariatkan dari Busyro Al Karim salah satu kitab termasuk karangan Syekh Said bin Muhammad Ba‘asyin yang tertera pada halaman 355.

Niat salat idul adha 


Untuk lafal niat salat idul adha yang harus anda ketahui ketika melakukan berjamaah yaitu sebagai berikut:

أُصَلِّيْ رَكْعَتَيْنِ سُنَّةً لعِيْدِ اْلأَضْحَى (مَأْمُوْمًا\إِمَامًا) للهِ تَعَــــــــالَى 

Artinya:

Bahasa Sunda: "Niat Abdi sholat Idul Adha dua rakaat makmum karena Allah Ta'ala," 

Bahasa Indonesia: "Aku berniat melakukan salat Sunnah Idul Adha sebagai makmum karena Allah Ta'ala," 

Tata cara shalat Idul Adha 


Untuk tata cara melakukan salat Idul Adha seperti yang dijelaskan dalam beberapa kitab mazhab Imam Syafi'i diantaranya sebagai berikut:

Niat 

Cara pertama untuk melakukan salat Idul Adha yaitu Anda harus berniat terlebih dahulu di mana untuk arabnya silakan anda ucapkan dan untuk artinya di dalam hati dan untuk minyaknya sendiri seperti yang dikutip kami di atas.

Takbiratul Ihram 

Setelah anda niat salat Iduladha Maka selanjutnya anda melakukan Takbiratul Ihram dan dilanjutkan membaca doa iftitah atau sebaliknya, pada rokaat pertama anda melakukan takbir banyak 7 Kali dan pada rakaat kedua takbir 5 kali dengan doa yang paling singkat sebagai berikut:

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ 

Membaca al-fatihah 

Setelah melakukan Takbiratul Ihram Maka selanjutnya Anda tinggal membaca Al Fatihah atau mendengarkan surat Fatihah yang dibacakan oleh Imam.

Sama seperti salat biasa 

Setelah anda membaca al-fatihah maka untuk rakaat pertama dan rakaat kedua masih sama seperti salat pada umumnya di mana setelah anda mengucapkan salam Maka sangat dianjurkan ketika berjamaah melaksanakan salat Idul Adha untuk tidak langsung pulang Akan tetapi melakukan beberapa hal diantaranya mendengarkan khutbah Idul Adha sampai selesai dan selanjutnya mushofahah untuk saling memaafkan dan yang terakhir melihat acara kurban.

Itulah pembahasan kami tentang bagaimana niat dan tata cara salat Idul Adha terlengkap 2018 yang bisa anda lakukan esok hari semoga artikel yang kami bahas pada hari ini bisa menjadi referensi untuk anda semua.

Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon