Kamis, 12 September 2019

Ingat! Yang Benar Itu Husnul Khotimah Bukan Khusnul Khotimah

ALHIDAMART.COM - Ingat! Yang Benar Itu Husnul Khotimah Bukan Khusnul Khotimah Seperti diketahui apabila masyarakat Indonesia saat ini sedang berduka dikarenakan salah satu sosok orang yang sangat berjasa untuk NKRI yaitu bacharuddin Jusuf habibie atau yang biasa dikenal dengan BJ Habibie telah berpulang ke Rahmatullah malahan presiden joko Widodo langsung memberikan instruksi kepada seluruh instansi yang ada di pemerintahan dan untuk mengibarkan Bendera Setengah Tiang bela sungkawa yang teramat dalam atas meninggalnya sang Bapak teknologi Indonesia yang sangat dikenal orang pertama nama asal Indonesia dan di Asia yang bisa membuat pesawat terbang. Namun Sangat disayangkan, ketika salah satu ucapan Bela sungkawa yang ditulis ibu dari pedangdut Ayu Ting Ting yaitu umi Kulsum ternyata salah dalam tulisan, dimana ia menuliskan Khusnul Khotimah bukan husnul khotimah. 

Harus anda ketahui apabila penulisan kata yang benar untuk siapapun yang meninggal apalagi sosok BJ Habibie maka haruslah benar, dikarenakan untuk bahasa Arab sendiri, ketika salah satu huruf maka akan salah arti dan makna. Ada perbedaan antara Khusnul khotimah dan Husnul khotimah, dimana Ketika anda menuliskan kata khusnul Khotimah maka dipastikan hal tersebut sangat salah dan fatal dikarenakan yang benar adalah husnul Khotimah. Harus anda ketahui, apabila di dalam bahasa Arab seperti yang Kami singgung diatas ketika salah satu mulut saja ataupun baris, maka akan salah makna dan arti dan akan kami bahas pada artikel kali ini. 

Perbedaan Husnul Khotimah dan Khusnul Khotimah 


Ketika ibu Ayu ting-ting menuliskan kata yang salah dimana pada hari Rabu 11 September 2019, sang Ibu Tercinta Ayu ting-ting yang turut berbela sungkawa harus mendapatkan kritikan pedas dari netizen dikarenakan dirinya salah dalam penulisan yang seharusnya ditulis semoga husnul Khotimah akan tetapi malah ditulis Khusnul Khotimah. 

Perbedaan Husnul Khotimah dan Khusnul Khotimah - IG
Perbedaan Husnul Khotimah dan Khusnul Khotimah - IG


Pengertian Husnul Khotimah (حُسْنُ الخَاتِمَة) 


Seperti dikutip dari berbagai sumber yang kami rangkum untuk penulisan yang benar benar doa yang sangat baik yang diajarkan oleh Rasulullah SAW bagi orang Shalih atau mereka yang dianggap mempunyai jasa untuk agama dan negara maka doa tersebut ditulis dengan huruf 'H' sehingga penulisannya haruslah HUSNUL KHOTIMAH/HUSNUL KHATIMAH. 

Arti Husnul khotimah, kata Husnul diambil dari kata hasan dengan wajan maujun hasuna yahsunu, yang mengandung arti TERBAIK dan kata KHOTIMAH adalah Akhir atau Meningal dunia. 

Sehingga bisa disimpulkan jika arti dari Husnul Khotimah yaitu sebuah doa semoga siapapun yang meninggal dunia termasuk salah satunya presiden ketiga RI BJ Habibie bisa meninggal dalam keadaan terbaik. 

Pengertian khusnul Khotimah (خُسْنُ الخَاتِمَة) 


Berbeda lagi Ketika anda menuliskan kata Khusnul Khotimah dimana arti dari kata Khusnul dengan menggunakan huruf KH / خ maka mempunyai arti terhina atau terendah kan, sehingga jika diartikan doa tersebut sangatlah jelek dan tidak boleh ditulis dikarenakan mengandung arti doa yang meninggal tersebut didoakan supaya mati dalam keadaan direndahkan atau dihinakan. 

Khusnul Khotimah SALAH - IG
Khusnul Khotimah SALAH - IG


Sehingga bisa disimpulkan, yang benar adalah penulisan untuk doa yang meninggal dunia terutama Bagi siapapun yang mempunyai jasa untuk agama dan negara dan termasuk orang Shalih maka doanya adalah Husnul Khotimah bukan Khusnul Khotimah.

Namun yang harus anda ketahui, ketika seseorang menuliskan Khusnul Khotimah ataupun dengan penulisan seperti Chusnul Khatimah mungkin tujuan dari sang penulis adalah sama yaitu meninggal dalam keadaan baik sehingga tidak bisa disalahkan dan tidak boleh dibebani dengan kesalahan tersebut. Dikarenakan untuk masalah transliterasi memang sampai saat ini belum ada baku yang disepakati oleh ijma' ulama. Akan tetapi Ketika anda ingin menggunakan bahasa Arab maka yang paling tepat adalah dengan menuliskan حسن الخاتمة. Sehingga ketika ada ada orang yang bernama khusnul yakin misalnya, maka tidak bisa Dianggap nama tersebut jelek mungkin mempunyai arti keyakinan yang baik.

Semoga artikel yang kami bahas bisa menjadi referensi untuk anda semua dan semoga kita semua tidak salah dalam menuliskan bahasa aram walaupun dengan tulisan Latin. Wallahualam bishowab.

Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon