Jumat, 25 Oktober 2019

Daftar Jabatan dan Nama 12 Wakil Menteri Jokowi 2019 sampai 2024

ALHIDAMART.COM - Daftar Jabatan dan Nama 12 Wakil Menteri Jokowi 2019 sampai 2024 Belum lama ini, secara resmi presiden Joko Widodo langsung memperkenalkan sebanyak 12 orang yang nantinya akan bertugas sebagai wakil menteri yang akan membantu menteri utama yang sudah disusun untuk kabinet Jokowi jilid 2 dan dalam beberapa orang yang nantinya akan menjadi wakil menteri sudah diketahui oleh publik dan ada juga yang belum diketahui oleh masyarakat di Indonesia. 

Wakil menteri yang diutus dan diangkat oleh Presiden Jokowi dan sudah resmi masuk susunan kabinet Jokowi jilid 2 untuk masa jabatan 2019 sampai 2024 telah resmi diumumkan kepada media dan juga masyarakat Indonesia dimana nantinya, para wakil menteri yang berjumlah 12 orang akan membantu kinerja Kabinet Indonesia maju terutama membantu kinerja menteri yang sebelumnya sudah dilantik oleh Jokowi di istana negara. 


Wakil menteri susunan kabinet Jokowi jilid 2 


Seperti diketahui sebelumnya apabila pada tanggal 23 Oktober 2019 kemarin, presiden Jokowi dan wakil presiden KH Ma'ruf amin sudah resmi mengangkat 34 menteri dan pejabat setingkat menteri berjumlah 4 orang yang akan membantu dirinya dalam menjalankan tugas negara di Kabinet Indonesia maju. 

Wakil menteri Susunan kabinet Jokowi Jilid 2
Wakil menteri Susunan kabinet Jokowi Jilid 2

Selanjutnya untuk memberikan kemudahan dalam menjalankan tugas dari beberapa menteri, presiden Jokowi pada hari ini resmi mengangkat sebanyak 12 orang yang memegang jabatan sebagai wakil menteri. 

Tugas wakil menteri 


Secara umum tugas wakil menteri adalah untuk membantu menteri dalam menjalankan seluruh tugas yang diemban kepada mereka dan apabila menteri tersebut berhalangan hadir dalam sebuah event, maka yang bertugas dalam menggantikan menteri utama adalah wakil menteri. Dengan adanya wakil menteri di kabinet indonesia maju, maka diharapkan roda pemerintahan Jokowi KH Ma'ruf amin bisa berjalan dengan lancar dan baik. 

Pelantikan wakil menteri 


Sebanyak 12 wakil menteri yang sudah dipilih oleh Presiden Jokowi secara resmi diambil sumpah jabatan pada hari Jumat 25 Oktober 2019 di istana kepresidenan dimana sebelum pelantikan wakil menteri, presiden Jokowi sempat mengundang mereka ke istana pada hari Jumat pagi dan selanjutnya memperkenalkan 12 orang tersebut kepada awak media dan masyarakat. 

Daftar lengkap wakil menteri susunan kabinet Jokowi jilid 2 


Di bawah ini adalah daftar lengkap wakil menteri dan jabatan yang diemban oleh 12 orang tersebut dan untuk daftarnya adalah sebagai berikut: 


  1. Mahendra Siregar menjadi wakil menteri luar negeri 
  2. Wahyu Sakti trenggono menjadi wakil menteri pertahanan 
  3. Zainut tauhid sa'adi menjadi wakil menteri agama 
  4. Suahasil Nazara menjadi wakil menteri keuangan 
  5. Jerry sambuaga menjadi wakil menteri perdagangan 
  6. John wempi wetipo menjadi wakil menteri pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat 
  7. Alue dohong menjadi wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan 
  8. Budi Arie Setiadi menjadi wakil menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi 
  9. Surya Tjandra menjadi wakil menteri agraria dan tata ruang 
  10. Budi Gunadi Sadikin menjadi wakil menteri BUMN 
  11. Kartika wirjoatmodjo menjadi wakil menteri BUMN 
  12. Angela Hary Tanoesoedibjo menjadi wakil menteri pariwisata dan ekonomi kreatif. 


Kesimpulan 


Dengan adanya wakil menteri dalam susunan kabinet Jokowi jilid 2 untuk masa jabatan 2019 sampai 2024 maka dipastikan, tugas menteri yang mendapatkan wakil menteri mempunyai tugas yang berat sehingga harus ada wakil dalam membantu seluruh tugasnya dari Presiden. Sehingga dengan adanya wakil menteri tersebut, seluruh pekerjaan menteri utama akan bisa terealisasikan dengan baik dan tanpa hambatan.

Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon