Senin, 21 Oktober 2019

Fadilah, Bacaan dan Makna Sholawat Nariyah di Hari Santri

ALHIDAMART.COM - Fadilah, Bacaan dan Makna Sholawat Nariyah di Hari Santri Diketahui apabila esok hari 22 Oktober 2019 adalah hari yang sangat bersejarah bagi seluruh santri yang ada di Indonesia dikarenakan pada hari tersebut merupakan hari santri nasional dimana ada hari Santri, akan diadakan beberapa kegiatan yang dilakukan sejumlah pesantren yang ada di tanah air terutama Pesantren Nahdlatul Ulama seperti salah satunya adalah pembacaan Sholawat Nariyah. Bagi kaum nahdliyin, sholawat nariyah merupakan salah satu sholawat yang mempunyai makna mendalam dan mempunyai Fadhilah dan khasiat bagi orang yang membacanya sehingga di beberapa daerah di Indonesia, ketika ada musibah ataupun mengharapkan sesuatu biasanya mendawamkan membaca sholawat nariyah. 

Sholawat Nariyah dalam peringatan Hari Santri menjadi sesuatu yang sangat diperbolehkan malahan diharuskan terutama bagi kalian semua warga Nahdlatul Ulama dimana pembacaan satu miliar sholawat nariyah menjadi Puncak peringatan Hari santri nasional 2019 yang mempunyai makna mendalam dan mempunyai keutamaan yang sangat luar biasa. Sehingga tidak salah apabila sholawat nariyah menjadi salah satu sholawat yang kerap didawamkan kan oleh penganut Imam Syafi'i tersebut. 

Sholawat Nariyah-IGnamasaya.atiq
Sholawat Nariyah-IGnamasaya.atiq

Mengenal sholawat nariyah 


Sholawat nariyah biasa juga disebut dengan shalawat tafrijiyah qurthubiyah dimana sholawat ini dinamakan Nariyah karena ketika dibaca dan dipanjatkan dengan mengharapkan semua hajat maka biasanya akan cepat terkabul oleh Allah SWT. 

Sholawat nahdliyah menjadi salah satu sholawat paling mustajab 


Seperti tercatat dalam kitab Hasinatul asror, halaman 179 karya Sayyid Muhammad Haqqi An-Nazili di sana tercatat apabila salah satu sholawat yang paling Mustajab adalah shalawat tafrijiyah atau yang biasa dikenal dengan sholawat nariyah di mana barang siapa orang Islam yang mengharapkan cita-cita atau apapun yang memang benar baik maka akan dikabulkan oleh Allah SWT, selanjutnya shalawat ini pun bisa menolak bahaya untuk apa pun yang tidak disukai, malahan dianjurkan membaca shalawat nariyah sebanyak 4444 kali bersama 40 orang lebih supaya lebih Mustajab doa. 

Banyak orang yang melupakan sholawat nariyah 


Sangat disayangkan di zaman sekarang ini banyak sekali masyarakat di Indonesia yang sudah melupakan sholawat nariyah padahal Siapapun yang membaca shalawat nariyah sebanyak 11 kali setelah melaksanakan salat fardhu dan dijadikan sebagai bidan maka rezekinya tidak akan putus atau dawamul Rizki. 

Peringatan Hari santri nasional 2019 


Selanjutnya untuk peringatan Hari santri yang akan jatuh pada hari Selasa 22 Oktober 2019 akan berlangsung di Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari dan diikuti ulama yang ada di jajaran PBNU. 

Fadilah sholawat nariyah 


Di bawah ini ada beberapa Fadilah yang bisa didapatkan bagi siapapun yang mencintai dan suka membacakan shalawat nariyah minimal membacakan satu kali sehari ataupun 11 kali setelah salat fardu dan apabila mampu membacakan sebanyak 4444 kali secara berjamaah, maka ada beberapa Fadilah yang bisa mendapatkan diantaranya adalah sebagai berikut: 


  1. Seluruh Apa yang diharapkan akan terkabul dengan cepat 
  2. Bisa terhindar dari petaka dan Balai 
  3. Rizki akan terus mengalir dan tidak akan putus 
  4. Bisa menjadi orang yang sukses ketika bekerja dan berdoa dan selanjutnya sering membacakan shalawat nariyah 
  5. Bisa menjadi orang dihormati di masyarakat 
  6. Bisa menjadi alat untuk memecahkan masalah yang sudah buntu dan diiringi dengan salat istikharah 


Bacaan sholawat nariyah 


Seperti dikutip dari berbagai sumber yang kami rangkum, di bawah ini adalah bacaan sholawat nariyah baik Arab dan juga terjemahan. 

Sholawat Nariyah-IGnamasaya.atiq


أللّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا
 عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ
 وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ 
وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ
 وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ
 بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ
 فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

"Ya Allah ya Tuhanku, limpahkanlah shalawat yang Maha Sempurna dan curahkanlah salam dan kesejahteraan yang penuh untuk nabi Muhammad SAW, dikarenakan berkat beliau seluruh kesulitan bisa terpecahkan, dan seluruh kesusahan bisa dilenyapkan, seluruh keperluan bisa terpenuhi, dan seluruh yang diharapkan dan Khusnul Khotimah bisa didapatkan. Dan berkat dirinya yang mulia, hujan pun turun dan semoga terlimpahkan kepada keluarga Nabi Muhammad SAW, dan para sahabatnya untuk setiap detik dan hembusan nafas, sebanyak bilangan seluruh yang diketahui oleh engkau allah SWT,"

Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon