Jumat, 22 November 2019

Fakta Catur Haram Versi UAS Yang Menimbulkan Kontroversi

ALHIDAMART.COM - Fakta Catur Haram Versi UAS Yang Menimbulkan Kontroversi Belum lama ini Ustadz Abdul Somad atau yang biasa disapa UAS langsung mendadak viral dan menjadi perbincangan netizen di media sosial dikarenakan menurut UAS apabila hukum bermain catur adalah haram. Sehingga sampai sekarang ini, pencarian dengan keyword catur haram langsung menjadi training Google malahan menjadi trending di beberapa media sosial diantaranya adalah Twitter dan juga Facebook. Ternyata dari berbagai sumber yang kami rangkum, terdapat beberapa fakta olahraga catur yang harus kalian ketahui dibalik kontroversi yang diungkapkan oleh UAS.

Catur haram adalah keyword yang sekarang ini mendadak trending Google dimana hal ini setelah ustadz Abdul Somad memberikan keterangan apabila bermain catur adalah haram dimana saat itu dirinya mengisi sebuah ceramah di KPK pada hari Rabu 20 November 2019 dan salah satu potongan video ceramah UAS tersebut viral di YouTube. Sebetulnya apa yang dikatakan oleh UAS bukankah untuk beberapa penganut madzhab dikarenakan UAS menjawab apabila catur haram hanya untuk penganut mazhab Hanafi dikarenakan hanifiah memang mengharamkan dadu dan catur.

Catur haram - IGmedinawarda
Catur haram - IGmedinawarda


Namun Sangat disayangkan, pada penggalan beberapa video yang viral di media sosial ternyata tidak dibubuhi dengan kata mazhab Hanafi sehingga hal ini langsung menjadi kontroversi dimana terbagi dua kubu, ya itu yang mendukung UAS dengan fatwa haramnya catur dan selanjutnya Kubu yang tidak setuju dengan pengharaman tersebut, apalagi di Indonesia sendiri hampir mayoritas penganut mazhab Imam Syafi'i dan Imam Maliki.

Fakta catur haram 


Di bawah ini ada beberapa fakta yang berasal kami rangkum dari berbagai sumber untuk memberikan informasi yang tepat terkait apa yang diucap ustadz Abdul Somad tentang pengharaman catur yang ternyata hanya pendapat dari Imam mazhab Hanafi.

Pendapat imam Syafi'i dan Imam Maliki


Sebut saja Nahdlatul Ulama yang notabene penganut Mazhab Syafi'i untuk masalah catur tidak ada pengharaman akan tetapi sesuatu permainan jika melupakan ibadah maka hukumnya baru haram, akan tetapi hukum olahraga catur sendiri di mata Imam Syafi'i dan Imam Maliki adalah mubah atau diperbolehkan.

Bagi Nahdlatul Ulama, sesuatu hal yang tidak mengganggu ibadah seperti bermain catur maka jatuh hukumnya bisa disesuaikan misalnya saja orang main catur sampai tidak salat maka hukumnya haram, akan tetapi apabila seseorang main catur dan sebagainya tidak melupakan ibadah maka diperbolehkan.

Hukum main catur mazhab Hanafi 


Untuk penganut madzhab hanafiyah memang bermain catur hukumnya adalah haram dikarenakan adanya beberapa penentu seperti melalaikan ibadah salat dan sebagainya sehingga bagi para penganut mazhab Hanafi mereka akan mengikuti fatwa dari Imam Hanafi tersebut dan bukan hanya itu saja, mazhab Imam Hanafi mengharamkan musik.

UAS mengharamkan catur 


Sebetulnya Ustadz Abdul Somad tidak memberikan penghukuman mutlak terhadap main catur adalah hukumnya haram dikarenakan ia mengatakan kepada salah seorang jemaah yang bertanya, terkait hukum main catur yang bisa melalaikan ibadah dan UAS pun langsung jawab apabila menurut mazhab Hanafi hukumnya haram main dadu dan main catur dengan konsekuensi permainan tersebut melalaikan ibadah.

Namun Sangat disayangkan, di dalam beberapa pernyataan UAS ia menegaskan apabila dirinya sangat menyayangkan dan tidak setuju apabila permainan catur dimasukkan ke dalam cabang olahraga malahan dirinya menegaskan walaupun ketua persatuan catur Indonesia marah kepada UAS maka dirinya biasa saja dikarenakan memang tidak setuju catur masuk ke olahraga.


Ditertawakan Menteri Agama 


Ketika Menteri Agama Fachrul Razi ditanya oleh awak media terkait UAS yang mengharamkan catur, ternyata menteri Agama Fachrul Razi merespon ujaran dari Ustaz Abdul Somad disebut sebaiknya UAS kembali membaca sejarah dari permainan catur itu sendiri, dikarenakan catur mulai muncul di negara India dan selanjutnya populer di zaman kekhalifahan Islam, sehingga menurut menteri Agama apa yang diucapkan oleh UAS tidak usah direspon dan tidak usah ditanggapi dikarenakan jika ditanggapi malah akan membuat Indonesia malu dikarenakan akan ditertawakan.

Ditentang banyak kalangan 


Bukan hanya menteri agama yang menentang Apa yang diucapkan oleh Ustadz Abdul Somad, akan tetapi beberapa kalangan salah satunya Medina Warda Aulia salah satu grand Master perempuan muslim untuk olahraga catur langsung Tidak setuju dengan apa yang dikatakan oleh UAS di mana menurut perempuan berusia 22 tahun tersebut apabila catur mempunyai banyak manfaat dibandingkan madhorot.

Bukan hanya ditentang oleh Medina Warda Aulia akan tetapi pB percasi dalam keterangan di depan awak media, pengurus besar persatuan catur seluruh Indonesia menegaskan apabila jadwal catur tidak mengganggu jadwal salat bagi umat muslim sehingga pernyataan uAS tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan, apalagi di Indonesia sendiri mayoritas bukan penganut mazhab Hanafi melainkan penganut mazhab Imam Syafi'i dan Maliki.

Manfaat catur untuk kesehatan 


Tahukah Anda semua Apabila ternyata olahraga catur bukanlah olahraga biasa dikenakan dalam hasil penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli apabila catur mempunyai banyak manfaat diantaranya adalah sebagai berikut:


  • Bisa meningkatkan perkembangan otak manusia 
  • Melatih kedua Sisi otak dan hal ini sudah dilakukan penelitian di negara Jerman dimana dalam hasil penelitian terungkap apabila posisi buah catur dalam posisi geometris maka kedua Sisi otak bisa menjadi sangat aktif 
  • Meningkatkan IQ dan hal ini dibuktikan dalam penelitian ilmiah yang mengatakan 4000 peserta pelajar yang ada di Venezuela mengalami kenaikan air setelah mereka bermain catur selama 4 bulan. 
  • Mencegah alzheimer, dalam salah satu penelitian yang dilakukan oleh The New England journal of medicine ternyata lansia yang berusia 75 tahun ke atas yang terbiasa bermain catur resikonya lebih kecil menjadi pikun atau alzheimer 
  • Tingkat kreativitas semakin meninggi ketika bermain catur dikarenakan bisa merangsang otak kanan 
  • Bagi mereka yang suka bermain catur seperti yang diteliti oleh new brunswick kepada 450 pelajar terbukti Apabila mereka yang bermain catur untuk kemampuan dalam pemecahan masalah lebih meningkat dan bagus 
  • Dr. Stuart Margulies dalam penelitiannya yang dilakukan tahun 1991 membuktikan Apabila mereka yang bermain catur ternyata bisa meningkatkan kemampuan membaca lebih baik jika dibandingkan dengan orang yang jarang main catur 
  • Orang yang suka bermain catur daya ingat akan optimal dan malahan bagi mereka yang mempunyai penyakit stroke dengan bermain catur bisa mempercepat proses dalam penyembuhan penyakit stroke. 




Related Posts