Selasa, 24 Desember 2019

[Video] Fakta dan Niat Shalat Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019

ALHIDAMART.COM - [Video] Fakta dan Niat Shalat Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 Seperti diketahui apabila sebagian besar wilayah yang ada di tanah air, pada hari Kamis 26 Desember 2019 dipastikan akan dilalui dan menyaksikan gerhana matahari cincin baik yang ada di Jawa Barat, jakarta, dan beberapa daerah di pulau Jawa dan luar Jawa dipastikan akan melihat gerhana matahari cincin yang sangat langka dan pernah terjadi di tahun 2009 yang lalu. Ternyata ada beberapa fakta yang harus kalian ketahui terkait gerhana matahari cincin yang dalam waktu dekat ini, akan hadir di Indonesia.

Gerhana matahari cincin 26 Desember 2019 adalah salah satu gerhana matahari yang memang sangat berbeda jika dibandingkan gerhana lain dikarenakan menjadi salah satu gerhana matahari unik karena anda semua akan melihat secara jelas bagaimana terjadinya sebuah gerhana matahari yang sangat jarang terjadi tersebut. Untuk beberapa menit, maka dipastikan ketika terjadi gerhana matahari cincin di beberapa daerah yang dilalui dengan sempurna maka akan mengakibatkan lokasi tersebut menjadi gelap gulita sehingga dianjurkan bagi umat muslim ketika datang gerhana matahari ataupun gerhana bulan untuk salat sunat gerhana. Selanjutnya ada beberapa fakta terkait gerhana matahari cincin yang akan terjadi pada hari Kamis mendatang.


Fakta gerhana matahari cincin 2019 

Gerhana matahari cincin 2019- ig
Gerhana matahari cincin 2019- ig


Di bawah ini adalah beberapa fakta yang berhasil kami rangkum terkait munculnya sebuah gerhana matahari yang jarang terjadi di Indonesia yaitu gerhana matahari cincin di antaranya sebagai berikut:

Waktu terjadinya gerhana matahari cincin 


Untuk jam terjadinya gerhana matahari cincin ya itu dipastikan di beberapa wilayah di Indonesia diprediksi akan dimulai pada jam 12.15 WIB dan untuk memasuki fase Puncak yaitu sekitar jam 12.17 WIB dan hal ini sudah diungkapkan oleh lembaga penerbangan dan Antariksa Nasional, apabila lokasi di Indonesia yang nantinya sangat ideal untuk menyaksikan gerhana matahari cincin adalah Kabupaten Siak yang ada di Riau.

Hari terjadinya gerhana matahari cincin 


Untuk hari akan terjadinya gerhana langkah tersebut yaitu pada hari Kamis tanggal 26 Desember 2019.

Cara aman melihat gerhana matahari cincin 


Selanjutnya bagi kalian yang memang ingin melihat gerhana matahari cincin maka dikarenakan tidak aman untuk dilihat secara langsung, maka silakan kalian mengikuti cara berikut ini:


  • Menggunakan kamera pinhole, ketika kalian ingin melihat secara langsung gerhana matahari cincin maka gunakanlah kamera pinhole dikarenakan jenis kamera ini terbuat dari bahan sederhana dan selanjutnya kalian bisa melihat Bagaimana cara membuatnya di media sosial ataupun di internet yaitu membuat kamera lubang jarum dengan berbagai variasi bentuk. 
  • Memakai kacamata matahari, ternyata dengan menggunakan kacamata matahari yang biasanya jam menggunakan lem khusus bukan kacamata hitam dikarenakan mempunyai fungsi apabila lensa dapat menghalangi cahaya matahari tembus langsung ke retina mata. 
  • Menggunakan teleskop, untuk melihat gerhana matahari cincin maka direkomendasikan untuk memakai teleskop atau binocular dikarenakan bisa menghasilkan proyeksi gerhana yang lebih besar dan lebih tajam jika dibandingkan kamera lubang jarum biasa. 
  • Memakai kamera DSLR, apabila kalian di rumah mempunyai kamera DSLR maka untuk mengamati gerhana matahari cincin kalian bisa menggunakan kamera DSLR dengan cara tidak boleh mengarahkan langsung ke matahari karena bisa merusak sensor kamera dan sangat direkomendasikan untuk menggunakan filter khusus matahari supaya bisa mengurangi intensitas cahaya yang diterima oleh kamera dan biasanya menggunakan lensa telephoto dengan panjang fokus 500 sampai 2000 mm. 


Wilayah yang dilewati gerhana matahari cincin 


Selanjutnya di bawah ini adalah beberapa wilayah yang akan dilewati dengan sangat jelas oleh gerhana matahari cincin yaitu Sumatera Utara, kepulauan Riau, riau termasuk diantaranya siak, pulau Padang, pulau Bengkalis, sampai Pulau Rangsang. Selanjutnya di daerah kalimantan Barat, kalimantan Utara, dan yang terakhir Kalimantan Timur.

Niat salat gerhana matahari 


Apabila kalian masih lupa dengan niat salat gerhana matahari, maka di bawah ini adalah beberapa niat arab-indonesia untuk salat gerhana matahari yang harus kalian ketahui:

NIAT SHALAT GERHANA

أُصَلِّي سُنَّةّ كسُوْفِ الشمس رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْماً لِلّه تعالى 

Artinya Bahasa Sunda: "Niat Abdi Sholat Gerhana Panon Poe 2 Rakaat bari ngama'mum Karena Alloh Ta'ala," 

Artinya Bahasa Indonesia: "Aku niat shalat sunah Gerhana Matahari  2 Raka'at Ma'mum karena Allah Taala,"

Cara salat gerhana matahari 


Apabila kalian sudah mengetahui niat salat gerhana matahari cincin diatas dan sangat direkomendasikan dilakukan secara berjamaah, maka di bawah ini adalah cara singkat salat gerhana matahari sesuai dengan mazhab Imam Syafi'i dan beberapa madzhab lain.


  • Silakan berniat di dalam hati dengan niat di atas yang telah kami tulis 
  • Selanjutnya Takbiratul Ihram 
  • Selanjutnya membaca Iftitah 
  • Setelah itu membaca surat al-fatihah membaca surat yang panjang 
  • Ruku dengan waktu yang sedikit lebih lama 
  • Bangkit dari ruku atau i'tidal 
  • Setelah i'tidal tidak langsung sujud, akan tetapi anda kembali membaca surat al-fatihah dah surat panjang dan surah yang dibaca ketika berdiri yang kedua lebih pendek jika dibandingkan saat kalian berdiri sebelum ruku 
  • Ruku kembali atau ruku kedua yang panjangnya lebih pendek dari ruku sebelumnya 
  • Bangkit dari ruku atau i'tidal 
  • Sujud yang lamanya seperti ruku selanjutnya duduk diantara dua sujud dan Sujudi kembali 
  • Bangkit Dari Sujud selanjutnya melakukan rakaat kedua dan caranya sama dengan rakaat pertama akan tetapi menggunakan bacaan dan gerakan yang lebih singkat jika dibandingkan rokaat kedua 
  • Selanjutnya membaca tahiyat akhir 
  • Selanjutnya yang terakhir membaca salam. 


Dianjurkan khutbah gerhana 


Banyak Hadis Rasulullah SAW ia menganjurkan ketika melakukan salat gerhana matahari ataupun gerhana bulan dilakukan secara berjamaah maka Imam dianjurkan untuk melakukan khutbah dan apabila kalian melaksanakan salat gerhana matahari cincin secara munfarid atau salat sendiri, maka tidak dianjurkan untuk melakukan khutbah gerhana.


Video gerhana matahari cincin 


Di bawah ini adalah salah satu video yang kami unggah di channel alhidamart sebagai salah satu Penantian dan menunggu detik-detik menuju hari Kamis 26 Desember 2019 yang menjadi hari munculnya gerhana matahari cincin.


Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon