Kamis, 09 Januari 2020

Fakta dan Efek Angin Monsun Yang Menerjang Indonesia

ALHIDAMART.COM - Fakta dan Efek Angin Monsun Yang Menerjang Indonesia Seperti diketahui apabila beberapa wilayah yang ada di Jabodetabek akan terus diguyur hujan dengan intensitas sedang sampai lebat sampai tanggal 12 Januari 2020 yang akan datang dimana hal ini dikarenakan faktor dan ip dari angin monsun Asia yang siap hadir di Indonesia dimana untuk daerah yang dipastikan akan real mengalami Bagaimana ekstrimnya cuaca angin monsun adalah di di Sulawesi Selatan yaitu mulai tanggal 10 sampai tanggal 12 Januari 2020 yang akan datang dimana diketahui, apabila angin monsun diprediksi akan mengakibatkan cuaca ekstrim di antaranya hujan lebat sampai angin kencang.

Angin monsun adalah salah satu angin yang memang ditakuti oleh beberapa negara di dunia termasuk di Indonesia, dikarenakan angin ini bisa mengakibatkan sejumlah wilayah yang dilewati akan mengalami cuaca ekstrem sehingga haruslah diwaspadai supaya lebih aman dan lebih mempersiapkan diri untuk masalah tersebut. Daerah yang dipastikan dilalui oleh angin monsun diantaranya Sulawesi Selatan, beberapa wilayah di Timur Indonesia seperti Gowa, dimana untuk buat sendiri sudah mempersiapkan dengan mendirikan posko siaga bencana di sejumlah titik guna menanggulangi efek angin monsun.

Angin monsun-IGnhyt806
Angin monsun-IGnhyt806


Dari pengakuan kasub Dit pelayanan bidang dan jasa BMKG IV bernama Siswanto, dirinya mengatakan apabila posisi angin monsun Asia yaitu 0 sampai 5 derajat khatulistiwa dan 5 derajat Lintang Utara selanjutnya untuk pergeseran angin monsun sekarang ini ini yaitu dari Selat Karimata dan nantinya menuju ke Sulawesi Selatan.

Fakta dan efek angin monsun 2020 


Di bawah ini adalah beberapa fakta terkait angin monsun yang siap melewati beberapa wilayah di Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut:

Arti angin monsun 


Angin monsun adalah angin yang berhembus dengan periodik ya itu minimal 3 bulan sekali dan antara periode satu dengan yang lain mempunyai pola berlawanan di mana angin monsun mempunyai dua bagian yaitu angin monsun Asia dan angin monsun Australia.

Penyebab angin monsun 


Fenomena alam angin monsun ternyata disebabkan karena hal yang sudah lumrah atau ilmiah dan alamiah yaitu adanya pergerakan massa udara basah di Samudera Hindia yang mengarah ke timur Indonesia.

Dampak angin monsun 


Untuk dapat nya sendiri atau efek yang ditimbulkan dari angin monsun yaitu adanya pertumbuhan awan menjadi lebih intens dan hal ini akan mempengaruhi kecepatan angin sehingga lebih ekstrem sampai 31 knot, sehingga sangat diharapkan untuk masyarakat yang dilalui wilayahnya oleh angin monsun supaya waspada dan berhati-hati.

Efek angin monsun 


Di bawah ini adalah beberapa efek daerah yang terkena angin muson atau negara yang terkena angin monsun diantaranya sebagai berikut:


  1. Daerah tersebut akan terus diguyur hujan dengan intensitas tinggi 
  2. Terdapat angin kencang yang bisa merobohkan pohon dan sebagainya 
  3. Bisa mengakibatkan luapan banjir yang dahsyat seperti bisa mengakibatkan banjir bandang 
  4. Mempengaruhi kondisi pasang naik air laut sehingga daerah yang dilalui angin monsun memang harus waspada dan berhati-hati. 
  5. Bisa mengakibatkan banjir, mengakibatkan tanah longsor, sampai mengakibatkan Pohon tumbang. 


Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon