Jumat, 17 Januari 2020

Foto dan Fakta Surili, Monyet Beruban Yang Gegerkan Warga Cianjur

ALHIDAMART.COM - Foto dan Fakta Surili, Monyet Beruban Yang Gegerkan Warga Cianjur Belum lama ini, warga yang ada di desa sukaraharja, kecamatan Cibeber, cianjur, jawa Barat, tengah Dihebohkan dengan munculnya sebuah monyet yang diduga monyet surili. Monyet tersebut merupakan salah satu endemik yang sangat langka di Indonesia dan kabarnya di Jawa Barat sendiri termasuk di Pulau Jawa menjadi primata endemik yang langka dikarenakan terancam punah.

Monyet surili adalah salah satu monyet langka yang ada di Indonesia malahan menurut beberapa penjelasan dari pusat penelitian primata nasional Universitas wisconsin Madison yang ada di AS, apabila monyet surili mempunyai nama latin yaitu Presbytis dan monyet ini biasanya tersebar di beberapa negara Asia seperti Indonesia, thailand, sampai Malaysia dan untuk di Indonesia sendiri menjadi negara yang paling banyak atas keberadaan primata endemik tersebut.

Fakta monyet surili 

surili-IGtaras_barna
surili-IGtaras_barna


Bagi kalian yang belum mengenal salah satu monyet yang menghebohkan warga Cianjur dikarenakan kemunculannya yang mendadak, di bawah ini adalah beberapa fakta yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber di internet.

Monyet surili beruban 


Monyet surili adalah salah satu spesies primata endemik khas Jawa Barat yang sekarang ini sudah langka dimana mempunyai ciri khas apabila monyet ini mempunyai bulu berwarna putih seperti beruban dan mereka untuk jenis makanan suka mengkonsumsi buah dan biji bijian maupun serangga yang berada di atas pohon walet.

Manfaat monyet surili 


Dikarenakan monyet ini suka sekali mengkonsumsi buah-buahan dan biji-bijian, ternyata monyet ini mempunyai manfaat bagi manusia diantaranya adalah biji yang mereka makan dan selanjutnya jatuh ke dalam tanah akan tumbuh dan disebarkan oleh monyet tersebut terutama di beberapa area gunung yang ada di Jawa Barat sehingga nantinya biji tersebut akan menjadi pohon baru dan surili, mempunyai peran penting dalam memelihara kelestarian kawasan hutan terutama untuk regenarasi alam.

Dilindungi oleh pemerintah 


Harus kalian ketahui apabila monyet surili adalah hewan langka yang dilindungi oleh pemerintah dimana ketika siapapun yang menjual monyet ini bisa ditangkap oleh Polisi, dikarenakan satwa tersebut dilindungi melalui peraturan pemerintah no 7, tahun 1999 terkait pengawetan jenis tumbuhan dan satwa di mana monyet surili termasuk pada kategori Red list iucn sebagai hewan yang terancam punah atau Endangered.

Jadi maskot Pekan Olahraga Nasional 


Di Jawa Barat di tahun 2016 yang lalu, ternyata monyet surili dijadikan maskot Pon Jawa Barat dikarenakan hal ini menjadi sebuah bentuk apresiasi dari pemerintah untuk konservasi satwa endemik yang memang terancam punah tersebut.

Surili menghebohkan masyarakat Cianjur 


Di media sosial Belum lama ini viral penampakan monyet surili yang sudah sangat langka tersebut tepatnya di desa sukaraharja di mana beberapa masyarakat melihat adanya 3 ekor monyet yang diduga adalah surili di mana menurut pemerintahan desa sukaraharja yaitu Budi Komara, apabila monyet tersebut berkeliaran di pemukiman warga dalam 2 bulan terakhir.

Ukuran surili yang ada di Cianjur tersebut mempunyai ukuran 40 sampai 60 cm dengan warna bulu di bagian depan yaitu berwarna putih dan selanjutnya bulu di bagian belakang berwarna hitam pekat sehingga membuat warga mengira apabila hewan tersebut adalah makhluk jadi-jadian.

Foto monyet surili 


Dibawah ini adalah beberapa foto yang berhasil kami dapatkan dari berbagai sumber di internet terkait monyet surili yang sekarang ini viral dan menghebohkan warga Cianjur.







Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon