Rabu, 26 Februari 2020

Cara Daftar Online KIP Kuliah Terbaru 2020

ALHIDAMART.COM - Cara Daftar Online KIP Kuliah Terbaru 2020 Sebelum pendaftaran SNMPTN akan ditutup pada tanggal 27 Februari 2020 esok, pihak pemerintah melalui Kemendikbud dikabarkan sudah memperpanjang untuk waktu pendaftaran bagi para calon mahasiswa yang memang kurang mampu akan tetapi membutuhkan Kip kuliah, maka calon mahasiswa kurang mampu tersebut bisa mendaftarkan secara online KIP Kuliah yang dimulai pada tanggal 2 sampai 31 Maret 2020 yang akan datang.

KIP Kuliah adalah kartu Indonesia Pintar kuliah yang memang diberikan kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan alias miskin akan tetapi mereka bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu kuliah di kampus dan mereka pun bisa melakukan pendaftaran yang sudah dibuka pada hari ini Rabu 26 Februari 2020 dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

Nizam selaku pelaksana tugas Direktorat Jenderal pendidikan tinggi Kementerian menegaskan apabila Kip kuliah adalah bentuk penguatan program Bidikmisi yang dicetuskan oleh pemerintah Jokowi untuk seluruh calon mahasiswa yang berasal dari keluarga yang tidak mampu dan mereka bisa secara langsung mendaftarkan diri untuk bisa kuliah secara online melalui website resmi milik Kemendikbud.

Kip kuliah - kemdikbud.go.id
Kip kuliah - kemdikbud.go.id

Cara daftar Kip kuliah 


Di bawah ini bagi kalian semua yang belum mengetahui bagaimana cara cara daftar para pengguna Kip kuliah, maka bisa mengikuti langkah berikut ini.


  1. Silakan terlebih dahulu calon mahasiswa yang mempunyai kartu Indonesia Pintar kuliah untuk membuka website dan mendaftarkan diri di situs berikut ini: kip-kuliah.kemdikbud.go.id 
  2. Selanjutnya ketika kalian mendaftarkan, maka masukkanlah NIK, NISN, NPSN dan jangan lupa menggunakan alamat email yang masih aktif 
  3. Jika setelah itu sistem Kip kuliah langsung akan melakukan validasi NIK, NISN, NPSN dan juga kelayakan memperoleh Kip kuliah. 
  4. Apabila proses validasi sukses maka sistem Kip kuliah akan memberikan nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email yang kalian daftarkan tadi. 
  5. Calon mahasiswa yang sudah menyelesaikan proses pendaftaran Kip kuliah dan selanjutnya mereka memilih jalur seleksi yang nantinya akan diikuti apakah memilih SNMPTN, sBMPTN, sMPN, mandiri atau umpn. 
  6. Setelah itu calon mahasiswa menyelesaikan proses pendaftaran pada website milik Kemendikbud atau dengan sistem informasi seleksi nasional untuk masuk perguruan tinggi yang disesuaikan jalur seleksi yang dipilih. 
  7. Untuk calon penerima Kip kuliah yang sudah dinyatakan diterima pada perguruan tinggi makan nanti nya akan memperoleh kode verifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum nantinya disusul menjadi calon mahasiswa penerima Kip kuliah. 


Syarat daftar Kip kuliah 


Di bawah ini adalah beberapa persyaratan Kip kuliah yang harus kalian ketahui dan menjadi syarat program Kip kuliah 2020 diantaranya adalah:


  • Penerima Kip kuliah merupakan siswa SMA atau siswa sederajat yang sudah lulus atau lulus di tahun berjalan atau sudah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun dan mempunyai NISN, NPSN dan NIK yang masih valid. 
  • Mempunyai potensi akademik yang baik akan tetapi mempunyai keterbatasan ekonomi yang harus didukung dengan dokumen sah 
  • Bagi siswa SMA sederajat yang lulus di tahun berjalan dengan potensi akademik yang sangat baik dan mempunyai kartu Kip 
  • Untuk siswa SMA sederajat yang sudah lulus di tahun berjalan dengan mempunyai potensi akademik yang baik dan mempunyai kartu keluarga sejahtera 
  • Lulus seleksi dalam penerimaan siswa baru dan diterima pada PTN atau PTS untuk Prodi dengan akreditas A ataupun B dan apabila ada pertimbangan maka bisa diterima di Prodi dengan akreditasi C. 


Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon