Minggu, 23 Februari 2020

Daun Kelor Fakta Mitos dan Manfaat Untuk Kesehatan

ALHIDAMART.COM - Daun Kelor Fakta Mitos dan Manfaat Untuk Kesehatan Apabila mendengar kata daun kelor, maka pastinya hal yang pertama kali kita ingat adalah sebuah pepatah yang berbunyi dunia tak selebar daun kelor. Ternyata peribahasa tersebut menjadi sebuah peribahasa yang bisa menggambarkan sebuah daun kelor walaupun mempunyai daun yang tidak begitu besar, akan tetapi mempunyai manfaat untuk kesehatan dan juga terdapat mitos dan fakta daun kelor dari dulu sampai sekarang masih dipercaya, malahan daun kelor sendiri di beberapa wilayah menjadi daun misterius yang sangat unik untuk diketahui.

Daun kelor atau daun merunggai atau dalam istilah latin mempunyai nama Moringa oleifera merupakan salah satu jenis tumbuhan dari suku moringaceae yang biasanya tumbuh dengan ketinggian pohon 7 sampai 11 m, selanjutnya daun kelor mempunyai bentuk bulat telur dan berukuran kecil yang tersusun majemuk dalam satu tangkai. Untuk bunganya sendiri berwarna putih kekuningan dan mempunyai tudung pelepah berwarna hijau dan bunga tersebut keluar sepanjang tahun dengan aroma bau yang semerbak dan juga buah kelor berbentuk segitiga yang memanjang yang biasa disebut dengan kentang yang bisa menjadi sayuran.

Daun Kelor Fakta Mitos dan Manfaat Untuk Kesehatan-igkebunjamu.id
Daun Kelor Fakta Mitos dan Manfaat Untuk Kesehatan-igkebunjamu.id

Fakta daun kelor 


Di bawah ini adalah beberapa fakta daun kelor yang harus kalian ketahui di antaranya adalah sebagai berikut.


  1. Mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh manusia 
  2. Organisasi kesehatan dunia atau WHO sangat menganjurkan kepada bayi dan balita untuk mengkonsumsi daun kelor supaya bisa menjaga pertumbuhan sang bayi 
  3. Who menobatkan daun kelor sebagai pohon ajaib setelah dilakukan study di mana ditemukan di dalam daun kelor terdapat zat yang bisa menambah kesehatan manusia 
  4. Menurut National Institute of health dalam kajian pada tanggal 21 Maret 2008 yang lalu, mereka menemukan apabila daun kelor bisa digunakan sebagai obat malahan di etnis banyak kelompok yang menggunakan daun kelor sebagai pengobatan yang digunakan tabib. 


Mitos daun kelor 


Selanjutnya di bawah ini adalah beberapa mitos dan kepercayaan masyarakat di berbagai wilayah di dunia termasuk di Indonesia terkait daun kelor.


  1. Pohon daun kelor dianggap sebagai pohon Sakti dimana mitosnya untuk daun bisa mengalahkan kekuatan Ghaib atau makhluk halus 
  2. Di Indonesia sendiri, ketika seseorang ingin melihat makhluk halus maka bisa menggunakan media daun kelor yang terlebih dahulu dibacakan doa dan selanjutnya daun tersebut diucapkan di bagian mata dan nantinya bisa melihat makhluk halus 
  3. Digunakan oleh jawara Sakti zaman dahulu sebagai daun yang penuh kekuatan dengan bantuan makhluk 
  4. Daun kelor dianggap sebagai daun ajaib untuk mengusir dan menolak datangnya makhluk halus 


Manfaat daun kelor untuk kesehatan 


Selanjutnya di bawah ini adalah beberapa manfaat yang sudah teruji dari daun kelor untuk kesehatan tubuh manusia diantaranya adalah sebagai berikut.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh 


Daun kelor ternyata mempunyai potensi yang sangat bagus untuk kesehatan manusia terutama untuk meningkatkan daya tubuh manusia dikarenakan didalam daun kelor terdapat vitamin protein zat besi magnesium dan riboflavin yang bisa memberikan kebutuhan nutrisi untuk manusia


Mengurangi resiko diabetes dan jantung 


Di dalam daun kelor terdapat antioksidan yang sangat banyak yang dapat melawan radikal bebas yang ada pada tubuh manusia sehingga dipercaya dalam penelitian dokter jika daun kelor bisa mengurangi resiko penyakit jantung dan diabetes.

Menurunkan peradangan 


Dalam sebuah penelitian terbukti apabila daun kelor yang didalamnya mengandung senyawa isotiosianat bisa menurunkan peradangan

Mencegah kanker 


Ternyata ekstrak daun kelor sekarang ini sudah diolah untuk mencegah kanker dan sudah banyak digunakan untuk kemoterapi.


Menurunkan kolesterol 


Beberapa ahli kesehatan mereka melakukan penelitian kepada tubuh manusia dan juga hewan dengan memberikan daun kelor dan ternyata setelah mengkonsumsi kolesterol dalam tubuh menurun dan hasilnya bagus.

Mencegah anemia 


Selanjutnya manfaat daun kelor untuk kesehatan manusia yaitu bisa mencegah anemia dikarenakan terdapat zat besi di dalam daun kelor yang bisa memproduksi hemoglobin sehingga bisa menjaga fungsi otot dan dapat mencegah anemia.

Mengobati infeksi bakteri 


Di dalam daun kelor terdapat bahan yang mempunyai sifat antimicrobial yang dari dulu sampai sekarang dipercaya ya bisa mengatasi bakteri yang jahat di dalam tubuh manusia sehingga ketika menggunakan daun kelor untuk pengobatan hasilnya sangat maksimal dan bagus.

Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon