Senin, 03 Februari 2020

Fakta Gus Sholah Yang Wafat Hari Minggu 2 Februari 2020

ALHIDAMART.COM - Fakta Gus Sholah Yang Wafat Hari Minggu 2 Februari 2020 Innalillahi wainnailaihi rojiun, kabar duka belum lama ini ini langsung menjadi viral di media sosial sampai trending Google yaitu wafatnya seorang tokoh agama Islam dari Nahdlatul Ulama yang juga sekaligus adik almarhum almaghfurlah Gus Dur, yaitu KH Salahuddin Wahid atau yang biasa disapa dengan gus Sholah. Almarhum almaghfurlah Gus Sholah, adalah tokoh ulama yang Haris mati dan menjadi sosok ulama yang menjadi panutan bagi seluruh umat muslim yang ada di Indonesia terutama santri dan santri Nahdlatul Ulama.

Gus Sholah dikabarkan telah meninggal dunia dan mengembuskan napas yang terakhir pada hari Minggu 2 Februari 2020, di mana KH Salahuddin Wahid wafat dikarenakan sakit yang selama ini dideritanya yaitu kompilasi sakit jantung sehingga pastinya dengan meninggalnya ulama besar Nahdlatul Ulama yaitu KH Salahuddin Wahid menjadi kesedihan tersendiri bagi umat muslim di Indonesia.

Gus Sholah meninggal 

Gus Sholah Wafat-IGnuonline_id
Gus Sholah Wafat-IGnuonline_id


Pertama kali wafatnya Gus Sholah atau KH Salahuddin Wahid yang juga adik kH Abdurrahman Wahid dikabarkan oleh Irfan Wahid putra almarhum melalui akun Twitter miliknya pada hari Senin 3 Februari 2020. Dari Akun tersebut tertulis apabila almarhum Gus Sholah, wafat sekitar jam 20:55 WIB dan pihak keluarga meminta maaf atas kesalahan almarhum dan semoga ditempatkan disisi Allah SWT.

Profil singkat Gus Sholah


Sekarang ini sosok yang sangat bersahaja dan berpengaruh bagi Nahdlatul Ulama tutup usia di di usia 77 tahun, dimana almarhum lahir pada tanggal 11 September 1942 di Kota Jombang Jawa Timur.

Selanjutnya gue salah adalah putra dari KH Abdul Wahid Hasyim dan juga adik kandung presiden RI ke-4 yaitu KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Selanjutnya Gus Sholah merupakan bapak pengasuh dari Pesantren Tebu Ireng yang ada di Jombang Jawa Timur yang mempunyai karakter yang sangat karismatik dan sangat dicintai oleh seluruh santri di Tebuireng.

Fakta Gus Sholah meninggal dunia 


Di bawah ini adalah beberapa fakta yang berhasil kami rangkum terkait wafatnya Gus Sholah pada hari minggu kemarin.

Wafat ketika menjalani perawatan jantung 


Diketahui apabila almarhum meninggal dunia ketika dirinya sedang melakukan perawatan penyakit jantung di mana Sebelum meninggal dunia, gus Sholah masih dirawat secara intensif di rumah sakit tersebut dan almarhum diketahui sudah melakukan ablasi atau yang biasa dikenal dengan operasi dalam mengatasi gangguan Irama jantung.

Sempat kritis sebelum wafat 


Ketika melakukan operasi ritme jantung atau aritmia dan berjalan dengan lancar, ternyata kondisi Gus Sholah saat itu sudah membaik malahan bisalah sempat pulang ke rumah dirinya, akan tetapi almarhum kembali drop di mana Gus Sholah diketahui mengalami lemas dan kondisinya langsung menurun pada hari Jumat 31 Januari 2020.

Dikebumikan di Jombang 


Almarhum Gus Sholah wafat di RS Harapan Kita yang ada di Jakarta dan kabarnya jenazah almarhum akan disemayamkan di komplek pemakaman pondok pesantren Tebuireng yang ada di Jombang Jawa Timur pada hari ini Senin 3 Februari 2020 dan jenazah akan diterbangkan ke Jombang dengan memakai Hercules milik TNI.

Tokoh NU yang sangat dekat dengan Muhammadiyah 


Salah satu ulama kharismatik Nahdlatul Ulama yang sangat dekat dengan beberapa tokoh Muhammadiyah adalah Gus Sholah dania adalah salah satu tokoh yang menjadi pemersatu antara NU dan Muhammadiyah.

Sosok ulama dan negarawan 


Tidak bisa dipungkiri apabila Gus Sholah merupakan sosok ulama besar di Indonesia yang bukan hanya sekedar mengerti dalam bidang agama Islam akan tetapi dirinya adalah negarawan yang patut dicontoh sehingga banyak melahirkan santri berprestasi yang menjadi ulama dan tokoh besar di Indonesia lulusan dari Tebuireng.

Umat Islam berduka 


Bukan hanya dari kalangan Nahdlatul Ulama akan tetapi banyak ulama baik dari Muhammadiyah dan ulama yang ada di Indonesia juga seluruh umat muslim di tanah air, ikut berduka atas meninggalnya gus Sholah sehingga tidak salah jika di media sosial banyak yang ikut berdoa supaya almarhum almaghfurlah diampuni segala dosanya, diterima Iman Islamnya, dan meninggal dalam keadaan Husnul khotimah.

Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon