Senin, 03 Februari 2020

Fakta Penyakit Kawasaki Yang Diidap Putra Selvi Kitty

ALHIDAMART.COM - Fakta Penyakit Kawasaki Yang Diidap Putra Selvi Kitty Salah satu jenis penyakit yang mungkin jarang kalian ketahui yang sekarang ini mengidap anak pedangdut Selvi Kitty ya itu penyakit Kawasaki. Akibat mengidap penyakit tersebut, sang putra tercinta Selvi Kitty harus dirawat di rumah sakit selama 5 hari penuh dan kabarnya, untuk perawatan selanjutnya harus menjalani rawat jalan sekitar 1 bulan lebih supaya bisa menangani penyakit yang langka tersebut.

Banyak fakta yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber di internet terkait penyakit Kawasaki yang menjadi salah satu penyakit yang mungkin jarang didengar dan jarang diketahui oleh kita semua. Terutama Penyakit ini mulai menjadi perbincangan netizen, setelah anak pedangdut Selvi Kitty divonis mengidap penyakit tersebut.

Fakta penyakit Kawasaki 

penyakit Kawasaki-IGselvikitty
penyakit Kawasaki-IGselvikitty


Penyakit Kawasaki ditemukan oleh seorang dokter bernama Dr. Tomisaku Kawasaki ma dan penyakit Ini pertama kali ada di Jepang pada tahun 1967 dan saat itu penyakit ini dikenal dengan nama mucocutaneous lymphnode syndrome nama dan untuk menghormati penemunya, maka Penyakit ini disebut dengan penyakit Kawasaki sampai sekarang.

Selanjutnya di Indonesia penyakit Ini pertama kali ditemukan pada tahun 1996 dimana dari hasil penelitian yang dilakukan oleh fakultas kedokteran Universitas Indonesia yaitu Dr. Najib Advani SpA(K) MMed(Paed) apabila penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang memang menyerang anak di bawah usia 5 tahun.

Gejala penyakit Kawasaki 


Di bawah ini ada beberapa gejala terkait penyakit Kawasaki diantaranya adalah sebagai berikut:

Fase pertama 


Apa ketika seorang anak mengalami penyakit Kawasaki maka di fase pertama Akan terdapat beberapa gejala diantaranya adalah:


  1. Mengalami demam yang tinggi mulai dari 39 derajat Celsius dan demam tersebut berlangsung sampai 3 hari 
  2. Mata merah tanpa terlihat adanya cairan 
  3. Ruam di bagian utama tubuh dan di area genital 
  4. Bibir ah anak terlihat merah kering dan pecah-pecah selanjutnya di bagian lidah akan terlihat merah dan juga bengkak 
  5. Kulit bengkak dan berwarna merah di bagian telapak tangan dan juga telapak kaki 
  6. Terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di bagian leher 
  7. Anak akan mempunyai sifat yang mudah marah. 


Fase kedua 


Selanjutnya ketika seorang anak mengidap penyakit kawasaki dan memasuki fase kedua maka ada beberapa ciri diantaranya adalah:


  1. Area kulit di bagian tangan dan kaki akan mengelupas terutama di bagian ujung jari tangan dan juga ujung jari kaki 
  2. Terasa nyeri sendi 
  3. Suka diare 
  4. Sering muntah 
  5. Mengalami sakit perut. 


Fase ketiga 


Untuk fase ke-3 terdapat beberapa dan gejala yang telah menghilang kecuali komplikasi berkembang dan mungkin selama 8 Minggu sebelum tingkat energi akan tampak normal kembali.

Kapan anak harus dibawa ke dokter ketika mengidap penyakit Kawasaki 


Apabila anak anda demam yang berlangsung selama 3 hari maka sangat direkomendasikan untuk dibawa ke dokter dan juga harus dibawa ke rumah sakit jika mempunyai beberapa tanda di bawah ini.


  • Kemerahan di kedua mata 
  • Lidah yang merah dan bengkak 
  • Terdapat kemerahan di telapak tangan 
  • Kulit mengelupas 
  • Terdapat ruang 
  • Terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening. 


Penyebab penyakit Kawasaki 


Terdapat beberapa penyebab yang mengakibatkan penyakit ini diantaranya adalah dikarenakan kombinasi genetika, terpapar virus bakteri, dan juga akibat faktor lingkungan. Walaupun begitu, penyakit Kawasaki tidak menular.

Pengobatan penyakit Kawasaki 


Biasanya bagi anak yang mengalami Penyakit ini ketika mereka masih bisa ditangani maka hanya akan diberi obat sesuai dengan resep dokter ataupun di infus globulin imun dan aspirin ataupun untuk yang lebih parah maka anak akan melakukan operasi ataupun dibedah.

Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon