Kamis, 12 Maret 2020

Mengenal Perbedaan Pandemi, Wabah dan Epidemi

ALHIDAMART.COM - Mengenal Perbedaan Pandemi, Wabah dan Epidemi Belum lama ini pihak WHO atau World health organization langsung memberikan penetapan apabila virus Corona atau COVID-19 sebagai pandemi dan ternyata banyak dari netizen yang belum mengetahui arti dan makna dari pandemi yang ternyata berbeda dengan wabah dan epidemi. Sehingga tidak salah apabila pada hari ini, pencarian keyword di Google trending dengan kata Pandemi adalah langsung menjadi trending Google dan trending di media sosial.

Pandemi adalah sebuah status penetapan yang belum lama ini diresmikan oleh Who terkait virus Corona yang menyerang berbagai negara di dunia termasuk di Indonesia yang pertama kali terjadi di negara Cina tepatnya di Wuhan. Sehingga tidak salah apabila WHO menetapkan virus Corona COVID-19 sebagai pandemi untuk berbagai negara dikarenakan status tersebut ditetapkan akibat dampak penyakit yang tidak hanya mengganggu kesehatan manusia akan tetapi dikarenakan beberapa sektor.

Menurut Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, apabila virus Corona bukankah krisis kesehatan masyarakat saja akan tetapi virus ini menjadi krisis yang menyentuh untuk semua sektor dimana sebelumnya, salah satu penyakit yang pernah memperoleh status pandemi yaitu flu burung yang ditetapkan oleh Who di tahun 2009 yang lalu dan selanjutnya status yang sama ditetapkan untuk HIV AIDS, influenza dan TBC.

Perbedaan pandemi, wabah dan epidemi 


Di bawah ini supaya kalian lebih mengerti tentang perbedaan antara pandemi wabah dan epidemi, maka bisa kalian baca dan kami ambil dari berbagai sumber di internet.

Pandemi Adalah - IGstolavshospital
Pandemi Adalah - IGstolavshospital

Pandemi 


Pandemi adalah sebuah epidemi yang menyebar ke berbagai penjuru negara lain dan hal ini mengakibatkan pengaruh yang luas kepada orang di seluruh dunia dalam jumlah yang sangat besar secara simultan atau berkelanjutan. Selanjutnya pihak Who meresmikan dan menetapkan apabila virus Corona sebagai pandemi dikarenakan untuk penyebaran sudah mencapai tahap internasional dan di luar dugaan sehingga sangat sulit untuk dikendalikan.

Seperti kita ketahui apabila virus Corona atau yang mempunyai nama baru yaitu COVID-19 sampai sekarang ini mencapai 118.000 asus dari 110 negara di seluruh penjuru dunia termasuk di Indonesia. Selanjutnya pihak Who memastikan apabila status pandemi dikarenakan mereka memprediksi jika virus ini akan terus menyebar secara global dan lebih meluas.

Epidemi 


Epidemi adalah tingkat kedua keparahan dalam suatu kasus penyakit dan mempunyai sifat lebih besar dari endemik dan biasanya menyebar ke area yang lebih luas dimana untuk pusat pencegahan dan pengendalian penyakit memberikan penjelasan jika epidemi terjadi di saat suatu penyakit menular dengan cepat ke banyak sekali orang sampai pada tahap diluar normal sehingga sangat sulit dihambat.

Virus Corona pada mulanya pemerintahan Cina menetapkan sebagai epidemi dikarenakan tidak hanya menyebar di Kota Wuhan yang ada di provinsi hubei, akan tetapi virus ini menyebar ke beberapa kota yang ada di negara China.

Wabah 


Wabah atau yang biasa disebut dengan endemik adalah tingkat pertama keparahan penyebaran penyakit yang dilihat dari populasi wilayah dan lingkungan. Wabah ini sangat dekat kaitannya dengan jumlah penyakit yang ada di dalam suatu komunitas di suatu wilayah dan biasanya populasi yang terdampak kecil akan tetapi tetap luar biasa.

Sebuah penyakit ditetapkan sebagai wabah atau endemik yaitu di saat terjadi peningkatan jumlah kasus yang signifikan akan tetapi masih terbatas di sebuah area saja.

Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon