Sabtu, 11 April 2020

Fakta Suara Dentuman Misterius di JABODETABEK Bukan Dari Letusan Gunung Krakatau

ALHIDAMART.COM - Fakta Suara Dentuman Misterius di JABODETABEK Bukan Dari Letusan Gunung Krakatau Belum lama ini netizen di media sosial terutama warga yang berasal dari Jakarta Depok Tangerang dan Bekasi dan juga warga yang berasal dari Jawa Barat pada hari Sabtu 11 April 2020 tepat dini hari tadi atau malam hari, mereka mendengar suara cara dan teman misterius yang sangat menggelegar dan bikin kaget sehingga pada awalnya banyak netizen yang menduga Jika suara tersebut berasal dari erupsi dan meletusnya Gunung Krakatau. Atau pun banyak juga dari netizen yang menganggap apabila suara dentuman tersebut merupakan peringatan dari Allah SWT untuk warga sekitar dan pastinya, suara dentuman ini terdengar sangat jelas seperti yang diabadikan oleh beberapa netizen melalui video viral suara dentuman tadi malam.

Akan tetapi setelah kami telusuri dari berbagai sumber di internet, ternyata ada fakta terkait suara dentuman misterius di Jabodetabek yang pertama kali Dianggap efek dari letusan gunung Krakatau namun ternyata, seperti yang diungkapkan oleh ahli bumi dan antariksa Upi, apabila suara letusan yang menggelegar tersebut dan diabadikan oleh beberapa netizen melalui video suara dentuman adalah longsoran di bawah tanah.


Suara Dentuman Misterius - Twitter
Suara Dentuman Misterius - Twitter

Fakta suara dentuman misterius 


Di bawah ini adalah rangkuman beberapa fakta terkait suara dentuman yang terjadi malam tadi di Jakarta depok dan Jawa Barat yang terdengar sangat mengerikan dan misterius.

Terjadi pada hari Sabtu malam 


Suara dentuman misterius ini banyak diunggah oleh netizen yaitu pada malam hari menjelang subuh di hari Sabtu 11 april 2020 di mana suara ini Terdengar sangat menakutkan dan seperti suara ledakan di dalam tanah.

Viral video suara dentuman misterius 


Beberapa akun netizen di media sosial seperti salah satunya bisa kalian lihat melalui video ini, memperlihatkan bagaimana penampakan dan suara misterius yang berasal dari dalam tanah yang terdengar sangat jelas di beberapa wilayah di Jawa Barat termasuk Jakarta dan Jabodetabek.

Penjelasan ahli bumi dan antariksa UPI


Belum lama ini, Judhistira Aria Utama selaku ahli dari laboratorium bumi dan antariksa Departemen Pendidikan Fisika Universitas Pendidikan Indonesia atau universitas Upi mencoba memberikan penjelasan terkait suara dentuman misterius yang terjadi pada hari Sabtu dini hari tadi di mana menurutnya apabila suara dentuman berasal dari longsoran bawah tanah di mana suaranya akan mirip sekali suara meriam yang terus berulang walaupun tidak ada jeda untuk masalah waktu.

Biasanya longsoran tersebut akan dipicu dari deformasi bantuan yang sudah melampaui batas elastisitas dimana bantuan akan disertai pelepasan energi yang nantinya terdengar seperti suara dentuman. Walaupun begitu, untuk asal suara dentuman tersebut harus dipelajari lebih lanjut dan ia pun tidak mau menyimpulkan berasal dari daerah mana.

Bukan berasal dari gempa Gunung Krakatau 


Pihak BMKG dan PVMBG belum lama ini memberikan keterangan apabila suara dentuman yang berasal dari bawah tanah yang didengarkan oleh masyarakat Jakarta Bogor dan di Jawa Barat bukan dari gempa atau erupsi gunung krakatau yang sekarang ini sedang terjadi dikarenakan tidak ada ada laporan suara di Tuban dari pos pengamatan gunung api yang sekarang ini terjadi erupsi.

Bukan dari latihan militer 


Seperti diketahui beberapa netizen mengatakan apabila suara dentuman bisa saja berasal dari latihan militer namun menurut judistira, jika pihaknya belum memperoleh konfirmasi dari pihak militer apakah memang ada latihan ketika malam hari atau tidak malahan menurut website merdeka ketika melakukan konfirmasi kepada pihak TNI, ternyata belum memberikan konfirmasi apakah malam tadi ada latihan atau tidak yang bisa saja menjadi potensi mengeluarkan suara dentuman.

Video suara dentuman 


Untuk kalian yang ingin mendengarkan suara dentuman misterius yang terdengar di Jakarta dan sekitarnya, ini adalah beberapa video yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber di internet.


Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon