Kamis, 23 April 2020

Hilal Sudah Terlihat Puasa 2020 Dimulai hari Jumat 24 April Besok

ALHIDAMART.COM - Hilal Sudah Terlihat Puasa 2020 Dimulai hari Jumat 24 April Besok Seperti diketahui apabila pada hari ini tepatnya jam 19.00 WIB pihak Kementrian keagamaan RI bersama beberapa ormas Islam yang sudah ditugaskan untuk melihat Hilal dalam rangka penentuan puasa 2020 setelah selesai dilakukan dan untuk hasil sidang isbat yang disiarkan langsung di TVRI menyatakan untuk pelaksanaan awal 1 Ramadhan 1441 hijriyah, jatuh pada hari esok jumat 24 April 2020.

Dari pantauan anggota tim falakiah kementerian Agama RI, untuk Hilal sudah terlihat di beberapa tempat di mana menurut Cecep nurwendaya, apabila paparan terkait posisi Hilal untuk penentuan awal puasa 2020 atau 1 Ramadhan 1441 Hijriyah sudah terlihat. Menurut Cecep dari hasil laporan untuk Hilal awal Ramadhan sudah teramati di sejumlah wilayah di Indonesia pada hari ini sehingga menurut Cecep ijtima atau berakhirnya bulan dan munculnya bulan baru terlihat terjadi pada hari ini sekitar jam 9.26 WIB.

Awal puasa 2020 


Menurut Cecep dengan adanya Hilal di beberapa daerah tersebut maka untuk awal 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 24 April 2020 bertepatan dengan hari Jumat.

Puasa 2020-IGocls.34
Puasa 2020-IGocls.34


Selanjutnya di tempat lain dalam kesempatan teleconference yang dilakukan oleh pihak Kementerian keagamaan yang dipimpin langsung dalam sidang isbat oleh menteri agama Fachrul Razi,, ketua Majelis Ulama Indonesia Abdullah Zaidi, ketua komisi VIII yandri Susanto sampai di jalan Bimas Islam Kamaruddin amin, diputuskan apabila penetapan satu Syawal yaitu pada hari Jumat 24 April 2020 atau esok hari adalah awal puasa 2020.

Sehingga tidak salah apabila beberapa masyarakat di Indonesia malam ini sudah melaksanakan sholat tarawih baik yang dilakukan di masjid ataupun di rumah masing-masing dikarenakan sesuai dengan instruksi menteri Agama apabila di lokasi yang memang sangat rentan dengan virus Corona hanya dilakukan di dalam rumah saja untuk pelaksanaan salat tarawih dan lainnya.

Hilal terlihat 


Setelah Hilal terlihat di sejumlah daerah, maka dipastikan besok seluruh umat muslim yang ada di Indonesia akan melaksanakan ibadah puasa dan pastinya untuk beberapa kegiatan ibadah pada malam hari akan sedikit berbeda dengan tahun yang lalu akibat wabah virus Corona.

Doa menyambut Ramadhan

Bagi anda semua yang ingin menyambut Ramadhan maka silakan untuk berdoa seperti salah satu doa yang biasa diucapkan oleh Rasulullah SAW melalui hadis riwayat dari Yahya Bin Abi Katsir yaitu doa:

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً 

Artinya adalah: Ya Allah antarkanlah aku sampai ramadan dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan selanjutnya Terimalah seluruh amalku di bulan Ramadan," kitab lathoiful almaarif halaman 264.

Dari kami seluruh keluarga besar alhidamart, mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa 1 Ramadhan 1441 Hijriah yang jatuh pada hari jumat 24 April 2020. Semoga puasa Ramadan di puasa 2020 kali ini, bisa lebih Khidmat dan dijauhkan dari segala marabahaya termasuk salah satunya virus Corona COPID-19.

Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon