Rabu, 08 April 2020

[LENGKAP] Doa dan Amalan Nisfu Syaban Malam Ini, Rabu 8 April 2020

ALHIDAMART.COM - [LENGKAP] Doa dan Amalan Nisfu Syaban Malam Ini, Rabu 8 April 2020 Seperti diketahui apabila pada malam ini, rabu 8 April 2020 dipastikan menjadi malam Nisfu Sya'ban yang biasa diperingati oleh seluruh umat muslim yang ada di dunia termasuk di Indonesia baik oleh ormas Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama yaitu bertepatan dengan malam ke-15 di bulan Sya'ban di mana untuk malam Nisfu Sya'ban 2020, kemungkinan besar akan berbeda dengan tahun yang lalu dikarenakan untuk tahun sekarang ini, masalah ibadah dianjurkan oleh menteri agama dilakukan di rumah bersama keluarga tercinta.

Bagi kalian yang bertanya Kapan malam Nisfu Sya'ban atau yang belum mengetahui doa Nisfu Sya'ban, amalan Nisfu Sya'ban, sampai arti Nisfu Sya'ban, maka pada artikel kali ini, alhidamart akan memberikan penjelasan untuk anda semua supaya bisa melaksanakan ibadah kepada Allah SWT menjelang datangnya bulan puasa Ramadan 2020. Harus kalian ketahui apabila bulan Sya'ban adalah salah satu bulan sebelum datangnya bulan Ramadan, di mana Nabi Muhammad SAW sempat bersabda apabila Barang siapa yang memberitahukan berita dengan datangnya bulan Sya'ban kepada orang lain, maka diharamkan api neraka kepadanya.

Pengertian Nisfu Sya'ban 


Nisfu Sya ban - Bunga Najwa
Nisfu Sya ban - Bunga Najwa


Nisfu Sya'ban adalah salah satu bulan dalam kalender Islam tepatnya berada di urutan ke-8 untuk 12 bulan penanggalan Hijriyah dimana pada bulan tersebut biasa menjadi moment dilaksanakan ibadah di setiap malam ke-15 di bulan Sya'ban dengan melakukan beberapa ritual ibadah seperti membaca surat Yasin sebanyak 3 kali, berdzikir, salat Nisfu Sya'ban, salat mutlak, bertaubat, dan ibadah lainnya yang bisa memberikan ganjaran kepada yang melakukan.

Dianjurkan membaca surah Yasin 3 kali 


Bagi para penganut mazhab Imam Syafi'i atau jika di Indonesia penganut nahdlatul Ulama, maka dianjurkan untuk membaca surah Yasin sebanyak 3 kali dengan doa yang berbeda dan untuk doanya sendiri adalah sebagai berikut.


  1. Niat bacaan Surat Yasin pertama, yaitu berniat mohon panjang umur dan taat juga Taqwa kepada Allah SWT dan selalu beristiqomah 
  2. Niat bacaan Surat Yasin ke-2, yaitu niat memohon diluaskan rezeki yang halal untuk dipakai beribadah kepada Allah SWT. 
  3. Niat bacaan Surat Yasin ke-3, yaitu niat mohon ditetapkan iman Islam sampai meninggal. 


Dalil memperingati Nisfu Sya'ban 


Untuk memperingati Nisfu Sya'ban sebetulnya banyak sekali dalil yang ada ada di beberapa kitab shohih maupun Sunan seperti salah satunya hadits yang diriwayatkan oleh Imam Al Baihaqi yang tertulis di dalam kitab Madza fi Sya’ban karya Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki yang berbunyi sebagai berikut:

ينزل الله إلى السماء الدنيا ليلة النصف من شعبان فيغفر لكل شيء، إلا لرجل مشرك أو رجل في قلبه شحناء 

Yang artinya: Allah SWT menurunkan Rahmat ke bumi di malam Nisfu Sya'ban, allah SWT akan mengampuni semua dosa umat manusia selain dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kemunafikan," HR Al Baihaqi.

Doa dan amalan malam Nisfu Sya'ban 


Dibawah ini adalah beberapa amalan yang bisa kalian lakukan ketika memperingati malam Nisfu Sya'ban di rumah bersama keluarga tercinta diantaranya adalah:

Melakukan salat sunnah 


Salat sunnah yang bisa kalian lakukan pada malam Nisfu Sya'ban diantaranya adalah salat Sunnah mutlak, salat tasbih, salat hajat, atau salat taubat.

Membaca 3 kali Surat Yasin 


Selanjutnya dianjurkan bagi umat muslim untuk membaca surat Yasin sebanyak 3 kali dengan doa yang berbeda seperti yang telah kami bahas di atas.

Istighfar dan dzikir kepada Allah SWT 


Sangat dianjurkan pada malam Nisfu Sya'ban umat muslim melakukan istighfar dan bertaubat kepada Allah dan memperbanyak dzikir seperti diantaranya adalah: Membaca istighfar, tahmid, takbir, shalawat kepada Nabi, dan beberapa dzikir lainnya.

Memperbanyak berdoa 


Walaupun pada malam Nisfu Sya'ban tidak ada doa khusus akan tetapi direkomendasikan untuk memperbanyak doa kepada Allah SWT terutama di saat ini wabah virus Corona semoga bisa hilang dari Indonesia dan yang meninggal dunia husnul Khotimah, selanjutnya yang terkena positif virus Corona bisa lekas sembuh.

Meminta maaf 


Bagi kalian semua yang mempunyai dosa kepada keluarga kerabat ataupun sahabat maka sangat dianjurkan untuk meminta maaf baik langsung ataupun tidak langsung seperti meminta maaf di media sosial dan sebagainya.

Keutamaan malam Nisfu Sya'ban 


Ada beberapa keutamaan malam Nisfu Sya'ban dari beberapa Hadis Rasulullah SAW walaupun untuk derajatnya hampir kebanyakan hadits dhaif atau tidak kuat.


  • Diampuni segala dosa 
  • Akan mendapatkan catatan buku amalan yang baik 
  • Pada malam Nisfu Sya'ban di tutup buku amalan dan diganti dengan buku amalan yang baru sehingga bagi yang beribadah bisa mendapatkan amalan yang baik dan di hapuskan segala dosa 
  • Malam Nisfu Sya'ban menjadi salah satu malam yang doanya tidak akan ditolak oleh Allah SWT seperti salah satu hadis yang diriwayatkan oleh al-Dailami, Imam 'Asakir, dan al-Baihaqy. 
  • Lebih intropeksi diri menjelang datangnya bulan puasa ramadhan 2020


Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon