Rabu, 13 Mei 2020

Amalan dan Doa Malam Lailatul Qadar Yang Jatuh Pada Malam Ini

ALHIDAMART.COM - Amalan dan Doa Malam Lailatul Qadar Yang Jatuh Pada Malam Ini Seperti diketahui apabila pada malam ini, rabu 13 Mei 2020 adalah malam pertama lailatul Qadar di bulan puasa Ramadan 2020 di mana Banyak sekali keistimewaan Bagi siapapun yang menghidupkan malam Lailatul Qadar dengan beberapa amalan baik dari beberapa madzhab seperti Imam Syafi'i, imam Maliki, imam Hambali, imam Hanafi, dan beberapa Imam lain, dikarenakan hampir semua mazhab yang ada di dunia termasuk di Indonesia suka memperingati dan menghidupkan malam Lailatul Qadar.

Malam Lailatul Qadar adalah Malam yang lebih baik dibandingkan 1000 Bulan di mana malam ini menjadi Malam yang sangat istimewa yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat manusia Pengikut Nabi Muhammad SAW. Barang siapa apa yang beribadah tepat pada malam lailatul qadar, maka orang tersebut adalah orang yang sangat beruntung dikarenakan mereka bisa mendapatkan ganjaran seperti ibadah selama 1000 Bulan atau 63 tahun. Sehingga tidak salah banyak doa Lailatul Qadar atau doa malam Lailatul Qadar yang terus dikumandangkan di beberapa masjid walaupun sekarang ini dalam masa virus Corona.

Kapan malam Lailatul Qadar 


Malam Lailatul Qadar - ALHIDAMART
Malam Lailatul Qadar - ALHIDAMART

Apabila Anda bertanya tentang kapan malam Lailatul Qadar, maka kami akan menjawab secara rinci apabila untuk malam pertama Lailatul yaitu pada hari ini rabu 13 Mei 2020 dan menjadi 10 malam terakhir di bulan Ramadan.

Dianjurkan bagi umat Islam untuk menghidupkan malam Lailatul Qadar dan selanjutnya melakukan beberapa kegiatan keagamaan baik yang dilakukan di masjid ataupun di rumah dikarenakan harus sesuai dengan daerah masing-masing apakah aman dan diperbolehkan melakukan ibadah malam Lailatul Qadar di masjid atau tidak dikarenakan sedang pandemi wabah Corona.

Doa Lailatul Qadar 


Di bawah ini adalah beberapa doa yang bisa kalian lakukan dan bacakan ketika ingin malam Lailatul Qadar:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى 

Bahasa Latin:

Allahumma innaka afuwwun tuhibbul afwa fa'fu Anni 

Doa diatas adalah doa ya langsung dari Rasulullah SAW seperti di dalam salah satu hadis rasul yang tertera di dalam Kitab Sunan At Tirmidzi, apabila Rasulullah ketika ditanya oleh sahabat tentang doa apa yang dibacakan maka selanjutnya Rasul membacakan doa diatas ketika menyambut malam Lailatul Qadar.

Amalan pada malam lailatul qadar 


Dibawah ini adalah beberapa amalan yang bisa kalian lakukan pada malam lailatul qadar di antaranya adalah sebagai berikut:



Melakukan itikaf 


Sangat direkomendasikan untuk menghidupkan malam Lailatul Qadar dikarenakan dianjurkan untuk melek maka direkomendasikan anda melakukan itikaf baik di rumah ataupun di masjid dengan niatnya tikap seperti biasa namun untuk idealnya dilakukan di masjid. Akan tetapi dikarenakan bangsa Indonesia sedang mengalami pandemi wabah virus Corona maka dilakukan di rumah pun tidak apa-apa.

Memperbanyak doa 


Isilah malam Lailatul Qadar dengan memperbanyak doa seperti doa yang telah kami tulis di atas dikarenakan mempunyai arti yaitu: Tu maha pemaaf dan mencintai kemaafan maka Maafkanlah Aku

Memperbanyak membaca Alquran 


Selanjutnya dianjurkan untuk menghidupkan malam Lailatul Qadar yaitu dengan memperbanyak membaca Alquran baik dilakukan di rumah ataupun di masjid.

Memperbanyak taubat 


Selanjutnya direkomendasikan ketika menyambut malam Lailatul Qadar yaitu dengan memperbanyak Taubat kepada Allah SWT atas segala kesalahan selama setahun penuh dikarenakan pada malam ini, apabila beruntung kalian bisa mendapatkan banyak sekali Rahmat dari Allah SWT dan juga Maghfiroh dari Allah SWT.

Salat sunat mutlak 


Kalian bisa melakukan salat sunat mutlak atau salat malam yang memang tidak bertentangan dengan syariah Islam ketika ingin menghidupkan malam Lailatul Qadar.

Perbanyak sedekah 


Bagi kalian yang mempunyai uang lebih maka malam Lailatul Qadar menjadi Malam yang sangat bermanfaat untuk memberikan sedekah kepada tetangga atau masyarakat yang membutuhkan apalagi di tengah wabah pandemi virus Corona.

Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon