Rabu, 27 Mei 2020

[CEK FAKTA] Berita Mamah Dedeh meninggal Adalah HOAX

ALHIDAMART.COM - [CEK FAKTA] Berita Mamah Dedeh meninggal Adalah HOAX Belum lama ini salah satu kabar yang langsung menjadi viral dan jadi perbincangan netizen di media sosial, yaitu sebuah informasi yang sangat menyesatkan di mana oknum netizen belum lama ini menyebarkan apabila Mamah Dedeh meninggal dunia dan hal ini langsung menjadi pusat perhatian sehingga sampai menjadi trending Google pada hari Rabu 27 Mei 2020.

Kabar Mamah Dedeh meninggal pertama kali beredar luas di media sosial WhatsApp dan selanjutnya berkembang di media sosial Facebook di mana dalam berita viral tersebut dikabarkan, apabila sang penceramah Kondang Mamah Dedeh atau Dedeh Rosidah dikabarkan telah meninggal dunia dan ternyata setelah ditelusuri, apabila kabar tersebut adalah berita hoax dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Isi berita hoax Mamah Dedeh meninggal 

Mamah Dedeh meninggal-IGdeon.98
Mamah Dedeh meninggal-IGdeon.98


Melalui pesan singkat di media sosial WhatsApp, tertulis apabila sang Pencerah Kondang Mamah Dedeh dikabarkan telah meninggal dunia pada hari Selasa 26 Mei 2020 sekitar jam 22.28 WIB, selanjutnya dalam pesan tersebut tertulis apabila Mamah Dedeh meninggal dunia di Eka Hospital Bumi Serpong Damai Tangerang Banten.

Fakta berita hoax Mamah Dedeh meninggal 


Setelah ditelusuri oleh beberapa wartawan online terkait pemberitaan jika Mamah Dedeh meninggal dunia ternyata berita Mamah Dedeh wafat adalah berita hoax dari orang yang tidak bertanggung jawab seperti yang ditulis melalui media merdeka.com.

Dari hasil penelusuran media merdeka, salah seorang sahabat Mamah Dedeh yaitu Ustad Yusuf Mansur melalui akun Instagram pribadi miliknya @yusufmansurnew memberikan penjelasan apabila berita Mamah Dedeh meninggal adalah berita hoax dikarenakan sampai sekarang ini, mamah Dedeh masih sehat walafiat.

Malahan menurut Ustad Yusuf Mansur, ketika dirinya menghubungi ke nomor Mamah Dedeh ternyata beliau adalah orang ke-4 yang mempertanyakan berita hoax tersebut.

Klarifikasi pihak keluarga 


Bukan hanya Ustad Yusuf Mansur yang selama ini dikenal sangat dekat dengan Ustadzah Mamah Dedeh, akan tetapi pihak keluarga pun memberikan bantahan dan klarifikasi tentang berita hoax Mamah Dedeh meninggal di mana menurut pihak keluarga, apabila informasi menyesatkan tersebut bukan hanya terjadi saat ini akan tetapi Mamah Dedeh sudah dikabarkan meninggal dunia sampai 3 kali dan semuanya adalah wax.

Fitra Maryadi selaku anak kedua Mamah Dedeh memberikan penjelasan kepada Media Republika apabila sang ibu dalam keadaan sehat di mana menurutnya, apabila ibunya masih tetap berceramah dan membagikan ilmu.

"Alhamdulillah mah Mamah masih sehat dan saya tegaskan kabar tersebut adalah berita hoax dan saya pastikan hoax semua. Saya tidak tahu dikarenakan sudah dua atau tiga kali mamah Dedeh diisukan meninggal dan semuanya adalah berita bohong," tegas Fitra. 

Kesimpulan berita Mamah Dedeh meninggal 


Untuk kesimpulan dari cek fakta postingan kami kali ini, jika informasi Mama Dedeh meninggal dunia yang pertama kali viral di WhatsApp maka hal tersebut, dipastikan berita hoax dari orang yang tidak bertanggung jawab dan selanjutnya, bagi kalian semua sebagai netizen jangan mudah dengan berita yang tidak benar seperti yang suka beredar di medsos dikarenakan harus melakukan kroscek terlebih dahulu untuk fakta yang ada.

Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon