Rabu, 06 Mei 2020

Fakta Kiamat Terjadi 8 Mei atau Tanggal 15 Ramadhan tahun ini Dipastikan HOAX

ALHIDAMART.COM - Fakta Kiamat Terjadi 8 Mei atau Tanggal 15 Ramadhan tahun ini Dipastikan HOAX Belum lama ini di media sosial banyak netizen yang tidak bertanggung jawab mengklaim apabila kiamat akan terjadi pada tanggal 15 Ramadhan atau 8 Mei 2020 bertepatan dengan hari Jumat yang akan datang. Hal tersebut diungkapkan oleh netizen yang tidak bertanggung jawab tersebut dikarenakan ada salah satu hadis dari Abdullah bin Mas'ud, di mana Dirinya pernah mendengar Rasulullah SAW menegaskan jika terdengar suara Dahsyat di bulan Ramadhan maka akan terjadi huru-hara di bulan Syawal dan semua suku akan saling berselisih di bulan dzulqo'dah dan akan terjadi pertumpahan darah di bulan Dzulhijjah dan Muharram.

Salah satu potongan Hadits yang dijadikan dasar oleh orang yang tidak bertanggung jawab Dengan menyebarkan kiamat akan terjadi pada hari Jumat 8 Mei 2020 atau bertepatan dengan tanggal 15 Ramadhan 1441 Hijriyah dipastikan hoax dan tidak benar, dikarenakan untuk masalah kiamat tidak akan ada satu makhluk pun yang tahu kecuali Allah SWT dikarenakan jodoh, kebahagiaan, maut, dan kiamat, hanyalah Allah sWT yang tahu. Walaupun begitu, ternyata pada hari ini muncul trending Google dengan pencarian kata: Ada apa dengan 15 ramadhan tahun ini.

Fakta kiamat 15 Ramadhan 

Ada apa dengan 15 ramadhan tahun ini
Ada apa dengan 15 ramadhan tahun ini


Seperti diketahui banyak dari netizen yang langsung terkecoh bertanya tentang Ada apa dengan 15 ramadhan tahun ini dimana banyak dari mereka yang menambahkan beberapa hadis yang tidak Shahih tentang akan munculnya kiamat pada hari tersebut sehingga bagi orang yang awam untuk masalah agama, mereka akan ketakutan dan saya langsung begitu saja. Harus kalian ketahui, apabila Hadits yang mengatakan kemunculan dukhon atau hadis yang diriwayatkan Abdullah Bin Masud bukankah salah satu hadis sahih dan tidak bisa dijadikan hujjah untuk dalil mengetahui kiamat.

Penjelasan Buya Yahya 


Melalui akun channel YouTube miliknya sang pimpinan pondok pesantren al bahjah memberikan penjelasan apabila Hadits yang dibawa-bawa dalil hari kiamat dipastikan belum dihukumi sebagai hadis untuk memperjelas kiamat dan riwayat tersebut tidak bisa dibenarkan sehingga termasuk bukan Hadits Shahih.

Menurut Buya Yahya, hadis tersebut menyuruh kepada umat manusia untuk selalu ingat kepada Allah SWT dan kematian bukan membahas soal kiamat apalagi ditentukan tanggal dan waktunya. Ada beberapa hadis yang memang Shahih yang menjelaskan hari kiamat yaitu pada ada malam Jumat dan hari Jumat namun tidak dijelaskan kapan waktunya baik dari tahun maupun jam sehingga kiamat adalah sesuatu yang gaib yang hanya Allah SWT yang mengetahui.

Kiamat Allah SWT yang tahu 


Seperti diperjelas oleh Buya Yahya apabila kiamat hanyalah Allah SWT yang mengetahui dan tidak ada makhluk yang bisa memprediksi tentang kiamat terutama kiamat kubro.

Buya Yahya hanya menjelaskan apabila umat muslim haruslah memperbanyak sujud dan dzikir kepada Allah SWT tanpa harus menunggu kiamat atau menunggu suara dentuman dikarenakan untuk kematian bisa datang kapan saja di mana saja dan untuk siapa saja.

Pendapat ahli hadits 


Tentang riwayat Hadits Dukhan yang selalu diklaim sebagai hadis yang kuat tentang munculnya kiamat dan belum terjadi pada tanggal 15 Ramadhan 2020, menurut Buya Yahya apabila tidak ada hadits shahih yang menjelaskan hal tersebut dimana kesimpulan para pakar Hadits seperti Ibnu al-jauzi, imam Bukhari dan imam muslim, zahabi dan Uqaili apabila riwayat hadits tersebut tidaklah benar malahan harus berhati-hati bagi kaum ulama jika melihat Hadits yang tidak diketahui kebenarannya.

Perbanyak ibadah saat Ramadan 


Buya Yahya memberikan himbauan kepada seluruh umat muslim untuk memperbanyak ibadah di bulan Ramadan seperti membaca Alquran, melaksanakan salat tarawih walaupun di rumah, dan memperbanyak amalan lain supaya bisa mempersiapkan diri untuk ajal dan kematian dikarenakan kematian adalah sesuatu yang pasti dan akan terjadi pada siapapun.

Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon