Jumat, 22 Mei 2020

Idul Fitri Tahun 2020 Resmi Pada Hari Minggu 24 Mei Besok

ALHIDAMART.COM - Idul Fitri Tahun 2020 Resmi Pada Hari Minggu 24 Mei Besok Seperti diketahui apabila pada hari ini, pemerintah melalui Kementerian keagamaan Republik Indonesia sudah melakukan sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal 2020 di mana sidang kali ini sama dengan sidang penentuan awal Ramadhan yaitu dengan cara tertutup dan dan dengan dilakukan melalui livestreaming akibat wabah virus Corona. Hasil sidang tersebut terungkap apabila Idul Fitri tahun 2020 dipastikan jatuh pada hari Minggu, 24 Mei 2020 besok.

Penetapan Hari Raya Idul Fitri tahun 2020 yang jatuh pada hari Minggu 24 Mei, telah disepakati oleh seluruh perwakilan baik dari pemerintah, muhammadiyah, nahdlatul Ulama, majelis Ulama Indonesia, dan tamu undangan yang melakukan sidang isbat pada hari ini. Selanjutnya penetapan tersebut didasarkan karena sudah adanya hilal yang keluar dan dipastikan pada hari Minggu umat Islam sudah bisa lebaran 2020, sehingga untuk hari Sabtu umat Islam melakukan takbir baik di rumah ataupun di masjid.

Idul Fitri Tahun 2020 Jatuh Pada - YTBKompas
Idul Fitri Tahun 2020 Jatuh Pada - YTBKompas


Pemerintah Indonesia resmi menetapkan 1 syawal 1441 H yaitu jatuh pada hari Minggu 24 Mei 2020 di mana dalam yang dipimpin langsung oleh menteri agama Fachrul Razi bertempat di Kantor Kementerian Agama yang ada di Jalan MH Thamrin pada hari ini Jumat 22 mei 2020.

Menurut Menteri Agama apabila sidang isbat disepakati sebuah keputusan yang bulat dan Terdapat dua hal kenapa Lebaran jatuh pada hari Minggu yaitu dikarenakan menurut hasil paparan tim falakiyah yang berasal dari Kementerian Agama apabila tinggi Hilal di seluruh Indonesia masih di bawah ufuk ya itu minus 5,29 dan minus 3,96 derajat.

Sehingga dengan adanya posisi Hilal yang belum sempurna maka tidak mungkin esok hari adalah lebaran atau pergantian bulan sehingga disepakati apabila Hilal akan sempurna yaitu ada hari Sabtu besok dan untuk hari Minggu adalah lebaran.

Selanjutnya tidak ada laporan dari para petugas rukyatul Hilal di 80 titik yang ada di Indonesia yang melihat Hilal sempurna sehingga dengan alasan tersebut maka dipastikan nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah untuk Lebaran kali ini masih tetap bersama yaitu pada hari Minggu 24 Mei yang akan datang.

Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon