Jumat, 05 Juni 2020

Fakta Gerhana Bulan Stroberi Sabtu Dini Hari 6 Juni 2020

ALHIDAMART.COM - Fakta Gerhana Bulan Stroberi Sabtu Dini Hari 6 Juni 2020 Seperti diketahui apabila pada hari Sabtu 6 Juni 2020 sekitar dini hari akan terjadi gerhana bulan penumbra yang sangat unik di mana untuk gerhana kali ini biasa dikenal sebagai gerhana bulan strawberry (Stroberi) yang memang sangat unik dan bisa dilihat di beberapa wilayah yang ada di Indonesia dan hal ini akan terlihat jelas apabila cuaca mendukung dan pastinya siapapun yang ingin mengetahuinya maka silakan untuk melihat gerhana bulan pada malam ini.

Gerhana bulan Stroberi yang akan terjadi pada hari Sabtu 6 Juni 2020 dini hari nanti merupakan gerhana bulan penumbra atau apabila di negara barat sendiri dikenal sebagai gerhana bulan strawberry dikarenakan nantinya bulan akan berubah warna menjadi Ungu yang sangat indah dan pastinya hal ini adalah keajaiban dari Allah SWT. Terdapat beberapa fakta yang berhasil kami rangkum tentang gerhana bulan penumbra yang mungkin jarang kalian ketahui.

Fakta gerhana bulan penumbra 

Gerhana bulan strawberry full moon-IGjayveeeeeeee_aa
Gerhana bulan strawberry full moon-IGjayveeeeeeee_aa


Di bawah ini adalah beberapa fakta yang berhasil kami rangkum tentang gerhana bulan Strawberry yang akan terjadi di berbagai wilayah di Indonesia pada hari Sabtu dini hari 6 Juni 2020.

Dikenal dengan gerhana bulan Stroberi 


Gerhana penumbra di luar negeri sendiri dikenal sebagai salah satu gerhana unik dikarenakan warnanya akan terlihat seperti warna buah strawberry sehingga akan sangat unik jika diabadikan terutama apabila suasana cuaca yang mendukung dikarenakan akan sangat jelas.

Waktu terjadi gerhana bulan 


Seperti dikutip dari lembaga penerbangan dan Antariksa Nasional atau disingkat 8 apabila gerhana bulan penumbra akan terjadi pada hari Sabtu dini hari yang dimulai pada jam 00.45 WIB selanjutnya untuk Puncak gerhana bulan yaitu sekitar jam 02.24 dan akan berakhir pada jam 04.04 WIB. Selanjutnya untuk Puncak strawberry Full Moon dipastikan akan terjadi sekitar jam 02.12 WIB.

Wilayah yang bisa melihat gerhana bulan Stroberi


Selain beberapa wilayah yang ada di Indonesia yang bisa melihat secara langsung gerhana unik tersebut ternyata Gerhana ini akan dilihat juga di beberapa negara diantaranya wilayah Eropa, afrika, australia, samudra Hindia, dan Asia.

Beberapa nama istilah gerhana bulan penumbra 


Di bawah ini adalah beberapa penyebutan nama gerhana bulan penumbra di berbagai wilayah di dunia diantaranya sering disebut sebagai gerhana bulan strawberry yaitu pertama kali berasal dari bahasa suku Algonquin yang menjadi pribumi Amerika Serikat, selanjutnya disebut dengan gerhana bulan mawar penuh, disebut dengan gerhana bulan mead atau bulan madu dan di beberapa negara dikenal dengan gerhana bulan penumbra.

Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon