Jumat, 19 Juni 2020

Fakta Gerhana Matahari Cincin Minggu 21 Juni 2020

ALHIDAMART.COM - Fakta Gerhana Matahari Cincin Minggu 21 Juni 2020 Untuk anda semua yang berada di berbagai wilayah di Indonesia, maka jangan sampai lupa untuk jadwal gerhana terbaru di bulan Juni 2020 apabila Nanti pada hari Minggu, 21 Juni 2020 akan terjadi gerhana matahari cincin di sejumlah wilayah yang ada di tanah air walaupun tidak semua masyarakat yang ada di Indonesia bisa dengan jelas menyaksikan gerhana langka tersebut.

Gerhana matahari cincin yang akan terjadi pada tanggal 21 Juni 2020 tepatnya pada hari Minggu, merupakan salah satu gerhana langka yang jarang sekali terjadi dan beberapa negara akan melihat secara jelas gerhana unik tersebut diantaranya adalah Arab Saudi, pakistan, tiongkok, india, taiwan, dan sejumlah wilayah yang ada di Indonesia.

Fakta gerhana matahari cincin 21 Juni 

Gerhana Mata 21 Juni - IGharidamashintafm
Gerhana Mata 21 Juni - IGharidamashintafm


Di bawah ini adalah beberapa fakta yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber di internet tentang akan terjadinya gerhana matahari cincin pada hari Minggu 21 Juni 2020 yang akan datang diantaranya adalah sebagai berikut.

Hanya beberapa wilayah yang bisa menyaksikan 


Dipastikan tidak semua wilayah yang ada di Indonesia akan menyaksikan gerhana matahari cincin dikarenakan untuk daerah yang paling jelas yaitu hanya di wilayah Sumatera, kalimantan, sulawesi, si dan kepulauan Maluku.


Penjelasan lembaga penerbangan dan Antariksa Nasional 


Selanjutnya pihak lapan belum lama ini memberikan informasi, apabila sejumlah wilayah yang ada di Indonesia akan melihat secara utuh gerhana matahari cincin dan juga ada beberapa wilayah yang sama sekali tidak melihat dan ada juga yang sebagian.

Waktu mengamati gerhana matahari 


Menurut pihak LAPAN, apabila waktu terbaik untuk menyaksikan gerhana matahari cincin yaitu pada jam 15.00 WIB, selanjutnya di Sumatera 14.30 WIB, sampai jam 15.30 WIB dan selanjutnya, gerhana terjadi sekitar 30 menit setelah waktu tersebut.

Mengenal gerhana matahari cincin 


Harus anda ketahui apabila fenomena gerhana matahari cincin merupakan sebuah fenomena antariksa yang terjadi di saat matahari tertutup oleh bulan dan selanjutnya tersisa hanya bagian tepi yang tidak tertutup dan bagian yang tidak tertutup tersebut apabila dilihat dari bumi maka bentuknya seperti cincin.

Selanjutnya gerhana matahari biasa terjadi sekitar dua minggu sebelum atau setelah gerhana bulan dimana kejadian gerhana bulan terjadi pada 5 Juni yang lalu dan selanjutnya akan terjadi pada tanggal 5 Juli 2020 yang akan datang.

Cara aman melihat gerhana matahari 


Selanjutnya di bawah ini adalah cara yang bisa kalian lakukan supaya aman di saat gerhana matahari cincin tiba di antaranya adalah:


  1. Bagi kalian yang ingin menggunakan kamera Maka jangan lupa untuk memeriksa filter matahari sebelum kamera digunakan dan apabila sudah rusak Maka Buanglah dan ganti dengan yang baru 
  2. Selalu mengawasi anak-anak yang menggunakan filter matahari 
  3. Apabila anda menggunakan kacamata minus atau kacamata plus maka letakkanlah kacamata khusus gerhana di bagian atas 
  4. Tidak boleh melihat gerhana matahari secara langsung baik mata telanjang, menggunakan kamera, menggunakan teleskop, atau perangkat optik lain yang tidak menggunakan filter dikarenakan bisa rusak. 
  5. Untuk menggunakan filter Surya harus dipasang di bagian depan teleskop teropong atau lensa kamera supaya bisa menahan datangnya pantulan dari gerhana.

Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon