Kamis, 13 Agustus 2020

Fakta Logo HUT RI 75 Yang Dianggap Salib

ALHIDAMART.COM - Fakta Logo HUT RI 75 Yang Dianggap Salib Belum lama ini muncul perdebatan terkait logo HUT RI ke 75 yang mendapatkan kontroversi di kalangan masyarakat di Indonesia dikarenakan sebagian dari warganet mengatakan jika logo hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 tersebut mirip dengan Salib yang lokasinya berada di pojok kiri dan banyak menganggap jika logo tersebut adalah diduga Salib malahan bukan hanya itu saja, sekelas aagym melalui akun media sosial miliknya menyatakan hal serupa walaupun sudah dibantah oleh pemerintah melalui juru bicara dan juga oleh beberapa pemerhati agama muslim salah satunya adalah mantan menteri agama Lukman Hakim Saifudin.

Logo HUT RI 75 yang sekarang ini mendadak menjadi perbincangan netizen di media sosial diduga dan Dianggap mirip bentuk salib dan mempunyai ukuran besar sehingga menurut abdullah Gymnastiar atau biasa disapa Aa Gym melalui akun media sosial Twitter miliknya apabila hal tersebut menurutnya dimaklumi jika adanya perbedaan pendapat setelah melihat spanduk resmi pemerintah untuk 17 Agus 2020 dikarenakan sekilas seperti ada tanda salib yang berukuran besar. Namun menurut mantan menteri agama, sebaiknya walaupun pendapat masyarakat beragam akan tetapi untuk seluruh pemuka agama supaya lebih mengedepankan berpikir dan bertindak integratif bukan segregatif.

Malahan bukan hanya itu saja, kementerian Sekretariat Negara sudah beberapa kali melakukan klarifikasi terkait logo Hut kemerdekaan RI ke 75 yang dituduh menyerupai simbol salib di mana menurut pihak pemerintah terutama sekretaris kemensetneg Setia Utama dirinya menegaskan apabila logo tersebut sudah sesuai dengan pedoman visual penggunaan logo peringatan HUT ke 75 dan dipastikan tidak menyerupai dan tidak ada maksud seperti salib.

Logo HUT RI 75
Logo HUT RI 75


Di dalam pedoman visual penggunaan logo untuk hut RI ke 75 dijelaskan jika logo yang disebut menyerupai simbol salib adalah supergraphic dimana supergraphic terdiri 10 elemen yang diambil dari dekonstruksi si untuk logo 75 yang dipecah menjadi 10 bagian dan selanjutnya pedoman tersebut menjelaskan pengaplikasian supergraphic yang fleksibel karena mempunyai bentuk abstrak yang mirip perakitan dari 10 pecahan tadi menjadi satu kesatuan yang berbentuk.

Sehingga menurut pihak dari pemerintah RI apabila secara keseluruhan untuk logo Hut ke-75 adalah inspirasi dari simbol perisai di dalam lambang Garuda Pancasila dan logo tersebut memberikan gambaran apabila Indonesia adalah negara yang bisa memperkokoh kedaulatan, negara yang menjadi di negara maju selalu menjaga persatuan dan kesatuan nKRI.

Fakta logo HUT RI 75 


Seperti dikutip dari berbagai sumber di internet di bawah ini adalah beberapa fakta yang berhasil kami rangkum tentang logo HUT RI ke 75 yang memang mendapatkan respon beragam dari masyarakat diantaranya adalah sebagai berikut:

Logo HUT RI ke 75 dirilis 16 Januari 2020 


Fakta pertama yang berhasil kami rangkum dan mungkin belum kalian ketahui apabila logo tersebut pertama kali resmi dirilis yaitu pada tanggal 16 Januari 2020 di website Kementerian Sekretariat Negara dan bisa didownload oleh siapapun dan juga di sana terdapat pedoman penggunaannya.

Makna logo HUT RI ke 75 


Apabila kalian melihat pada logo tersebut terdapat perisai yang terinspirasi dari lambang Garuda Pancasila dan hal ini menjadi sebuah gambaran jika Indonesia sebagai negara yang mampu memperkokoh kedaulatan menjaga persatuan dan kesatuan.

Arti logo HUT RI ke 75 


Masih dalam logo tersebut melalui website setneg.go.id apabila logo menyimbolkan arti dari kesetaraan dan pertumbuhan rakyat Indonesia dan selanjutnya terdapat progres nyata dalam bekerja untuk mempersembahkan hasil yang terbaik untuk seluruh rakyat Indonesia.

Makna angka 7 


Selanjutnya terdapat angka 7 pada logo yang ternyata mempunyai makna yaitu melambangkan kesetaraan untuk kesejahteraan dan keadilan yang equal bagi seluruh individu. Selanjutnya badan angka 7 mempresentasikan progres kerja yang dinamis yang nantinya bisa mencapai hasil akhir yang optimal tanpa harus menjadi kaku dan lurus.

Makna angka 5 


Selanjutnya terdapat kalimat yang mempunyai makna elemen tersebut adalah lingkaran hampir sempurna yang menjadi lambang progress yang terus-menerus ternyata selanjutnya selalu memperbaiki dan selalu mengejar target


Penggunaan warna 


Selanjutnya untuk masalah warna sudah termasuk dalam pedoman penggunaan baik dari ukuran dan diatur melalui website milik sekretaris negara.

Cara penggunaan Logo HUT RI 75 


Kan harus kalian ketahui Untuk penggunaan logo peringatan HUT RI 75 maka wajib dipakai sebagai satu paket dengan logo bangga buatan Indonesia dimana logo tersebut merupakan gabungan dari logogram dan logotype dengan sentuhan modern di mana untuk logogram memperlihatkan dan mempertunjukkan sebuah cinta kepada produk lokal dan menggambarkan perasaan bangga terhadap produk asli Indonesia dan selanjutnya menunjukkan sikap kesatuan sebagai NKRI.

Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon