Selasa, 22 September 2020

3 Fakta Masker Scuba Yang Dilarang Pemerintah

 ALHIDAMART.COM - 3 Fakta Masker Scuba Yang Dilarang Pemerintah Seperti diketahui apabila mulai hari Senin 21 September 2020, bagi kalian yang ingin menggunakan kereta api maka untuk menggunakan masker tidak diperbolehkan memakai masker scuba dikarenakan hal tersebut sudah dilarang oleh pemerintah malahan Belum lama ini, PT Kereta Commuter Indonesia mewajibkan kepada seluruh calon penumpang KRL agar memakai masker kain 3 lapis atau yang biasa dikenal dengan masker kesehatan. 


Walaupun pihak PT Kereta Commuter Indonesia tidak menyebut masker Scuba secara langsung atau masker buff sebagai salah satu jenis masker yang tidak diperbolehkan ketika para calon penumpang naik kereta KRL, akan tetapi pemerintah sendiri sudah menegaskan jika masker Scuba memang tidak dianjurkan digunakan ketika menaiki KRL. Terdapat beberapa fakta yang berhasil kami rangkum tentang fakta masker scuba yang mungkin belum kalian ketahui. 


Fakta Master scuba 

Fakta Masker Scuba
Fakta Masker Scuba Yang Dilarang Pemerintah 


Di bawah ini adalah beberapa fakta yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber di internet tentang adanya pelarangan penggunaan masker secuba dikarenakan diklaim sangat tidak aman ketika dipakai di area umum terutama area pabrik di KRL. 


Walaupun pastinya dengan menggunakan masker sedikit terbukti menjadi cara yang sangat efektif dan ampuh dalam pencegahan penularan virus Corona covid 19 akan tetapi untuk di daerah area public penggunaan masker yang baik termasuk tiga lapis adalah yang sangat direkomendasikan dikarenakan untuk masker scuba diklaim tidak aman. 


Bagi yang belum mengetahui tentang fakta masker scuba, maka bisa membaca penjelasan kami berikut ini. 


Kekurangan masker scuba 


Di bawah ini adalah beberapa kekurangan yang harus kalian ketahui tentang Kenapa pemerintah melarang penggunaan masker scuba atau masker Buff diantaranya adalah sebagai berikut: 

Fakta Masker Scuba


  1. Masker scuba hanya 5% efektif dalam pencegahan resiko terpapar virus Corona 
  2. Masker ini terlalu tipis sehingga akan mudah masuknya virus yang dihirup oleh hidung 
  3. Tidak terdapat penyaring droplet 
  4. Tidak mempunyai unsur 3 lapis di dalam pasar tersebut dan hanya satu lapis. 


Kemampuan filterisasi masker scuba 


Selanjutnya fakta yang harus kalian ketahui tentang masker scuba yaitu dijelaskan oleh spesialis paru yang berasal dari rumah sakit Persahabatan bernama dr Erlina Burhan MSc, SpP ma, apabila masker ini tidak mempunyai kemampuan filterisasi yang efektif sehingga masker ini sangat rendah dan tidak akan memberikan proteksi yang sangat layak bagi para penggunanya. 


Selanjutnya pori-pori masker scuba yang sangat lebar sama saja tidak menggunakan masker itu sendiri sehingga senada dengan pemerintah, masker ini tidak cocok digunakan ketika Kalian naik KRL akan tetapi cocok digunakan untuk sehari-hari tanpa bertatap dengan banyak orang. 


Kontroversi dilapisi tisu


Walaupun dilarang oleh pemerintah dalam penggunaan masker scuba akan tetapi ternyata masker ini bisa ditambahkan tisu di dalamnya seperti yang diungkapkan oleh ahli gugus tugas COVID-19 untuk daerah Jawa Tengah yaitu  Dr dr Budi Laksono, MHSc, apabila masker scuba masih efektif dipakai apabila ditambahkan double tissue sehingga bagi kalian yang ingin menggunakan masker scuba dan tidak ada lagi masker yang harus dipakai di rumah bisa menambahkan lapisan tisu di dalamnya. 


Walaupun begitu, beberapa pendapat lain seperti menurut dr Erlina Burhan, SpP(K) yaitu dokter paru dari rumah sakit Persahabatan, ketika gunakan masker scuba walaupun ditambahkan tisu di dalamnya maka tidak ada pengaruh yang baik dikarenakan tekstur masker ini sangat elastis sehingga akan membuat isu mudah bergeser dan selanjutnya terjatuh.

Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon