Minggu, 04 Oktober 2020

5 Fakta Api Abadi Mrapen Yang Mendadak Padam

 ALHIDAMART.CO.ID - 5 Fakta Api Abadi Mrapen Yang Mendadak Padam Belum lama ini salah satu api abadi yang ada di Kecamatan Godong kabupaten Grobogan provinsi Jawa Tengah yaitu api abadi Mrapen diketahui padam dan hal ini menjadi sesuatu yang sangat aneh dikarenakan sepanjang api abadi ini terkenal terus mengeluarkan api alami dari perut bumi, namun pada hari Jumat 25 September 2020 sampai sekarang ini memasuki bulan Oktober 2020, apik yang sangat terkenal dengan keabadiannya tersebut dipastikan padam. 


Fakta Api Abadi Mrapen adalah salah satu api abadi yang ada di Indonesia yang mempunyai sejarah tersendiri, malahan api abadi tersebut sempat digunakan sebagai salah satu api abadi untuk Pekan Olahraga Nasional dan juga dipercaya mempunyai historis yang sangat mistis dan lokasinya berada di desa manggarmas, kecamatan Godong, kabupaten Grobogan, provinsi Jawa Tengah di mana semenjak hari Jumat 25 September api abadi Merapen padam total. 


Api abadi Merapen dikenal menjadi salah satu lokasi yang paling ternama untuk wilayah Grobogan dan juga api abadi ini mempunyai historis yang sangat tinggi, sehingga tidak salah ketika api abadi ini padam malah membuat pemkab setempat kebingungan. 

Api Abadi Mrapen - IGajak_kemanamana
Api Abadi Mrapen - IGajak_kemanamana



Fakta Api Abadi Mrapen 


Seperti dikutip dari berbagai sumber di internet, di bawah ini adalah beberapa fakta tentang padamnya api abadi yang ada di desa manggarmas kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. 


Ada hubungannya dengan Sunan Kalijaga 


Di dalam cerita sejarah masyarakat setempat apabila sumber api abadi Merapen sangat erat kaitannya dengan kisah masa akhir Kerajaan Majapahit yang waktu dulu sempat ditaklukan oleh Kesultanan Demak Bintoro atau tepatnya di tahun 1500 sampai 1518 masehi di mana api tersebut dipercaya muncul usai Sunan Kalijaga ketika itu memimpin Demak untuk mengalahkan Majapahit. 


Di saat Sunan Kalijaga mencarikan prajuritnya sejumlah mata air dalam rangka memberikan pengobatan kelelahan kepada pasukan dan selanjutnya Sunan Kalijaga menancapkan tongkat ke atas tanah dan secara ajaib, lubang bekas tongkat tersebut malah langsung menyemburkan api yang selanjutnya dipercaya sebagai titik awal sumber api abadi mrapen. 


Selanjutnya Sunan Kalijaga kembali menancapkan tongkat di area lain dan dari sanalah muncul semburan air bersih dan juga bening dan dipakai oleh para prajurit untuk minum dan pengobatan di mana sumber mata air ini dipercaya sebagai sumber mata air yang lokasinya tidak jauh dengan api abadi Merapen. 


Pernah dipakai momen nasional dan internasional 


Dikarenakan mempunyai keunikan dari api abadi tersebut, ternyata banyak momen baik nasional ataupun internasional yang menggunakan api abadi Merapen diantaranya adalah api tersebut dipakai untuk menyalakan api obor agenda nasional dan internasional seperti Pesta olahraga internasional ganefo yang terjadi pada tanggal 1 November 1963 yang diikuti 51 negara Asia Afrika Eropa dan Amerika Latin. 


Selanjutnya pada tanggal 23 Agustus 1996 api tersebut dipakai untuk Pekan Olahraga Nasional atau PON XVI 


Selanjutnya untuk setiap tahun api abadi ini digunakan untuk menyalakan obor upacara hari raya waisak yang dilakukan oleh umat Buddha dan ketika Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games, ternyata api abadi Merapen digunakan sebagai api untuk menyalakan obor dan terjadi pada tanggal 18 Juli 2018 untuk api obor Asian Games 2018. 


Alami pasang surut 


Pada tahun 1996 api Merapen dikabarkan Pernah Padam dan dan saat itu itu sekitar 75 cm dari. Ditemukan kembali nyala yang lebih besar dimana Parminah Soepradi saat itu menjadi pemilik lahan keberadaan api dari dalam tanah. 


Api padam total di tahun 2020 


Pernyataan untuk kejadian yang satu ini apabila api abadi Merapen menjadi kejadian pertama api padam total walaupun di tahun 1996 pernah redup akibat debit gas yang berkurang namun setelah dilakukan pengeboran semburan gasnya kembali stabil namun untuk kali ini terbilang sangat unik dan aneh dikarenakan api abadi Merapen mati total. 


Penyebab padam api abadi Merapen belum diketahui 


Yang paling menggelitik unik dan juga aneh, padamnya api abadi mrapen sampai detik ini masih belum diketahui terkait penyebab seperti diungkapkan oleh Kepala Desa manggarmas yaitu bapak Ahmad Mufid kepada awak media, jika dirinya bersama tim belum mengetahui secara pasti terkait penyebab matinya api abadi ya sekarang ini mendadak viral dan trending di media sosial. 


Akan tetapi menurut kasih energi SDM untuk wilayah Kendeng Selatan Sinung yaitu Sugeng Harianto mengatakan jika api padam dikarenakan adanya pengeboran sumber mata air kemungkinan yang menjadi penyebabnya adanya kebocoran gas sehingga membuat api tersebut padam dikarenakan di dalam semburan air terdapat suara gemuruh dari dalam tanah dan tercium gas hidrokarbon walaupun pastinya akan terus dipantau terkait padamnya api abadi Mrapen.

Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon