Senin, 05 Oktober 2020

Fakta dan Manfaat Sukun, Buah Ajaib Tertua di Dunia

 ALHIDAMART.COM - Fakta dan Manfaat Sukun, Buah Ajaib Tertua di Dunia Buah sukun adalah salah satu buah khas tanah air air yang ternyata mempunyai fakta dan juga sejarah panjang dari kemunculan buah yang diduga menjadi salah satu buah tertua di dunia tersebut. Buah sukun yang mempunyai segudang manfaat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan, ternyata sekarang ini langsung mendadak viral setelah banyaknya orang yang mencari buah tersebut untuk beberapa penyakit seperti salah satunya bisa menurunkan gula darah. 


Buah sukun menjadi salah satu buah yang kaya akan manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan, selanjutnya buah sukun bukan hanya bisa dijadikan obat akan tetapi sudah dari dulu sampai sekarang dijadikan sebagai bahan makanan sebut saja menjadi cemilan ketika digoreng apapun diolah menjadi makanan yang kaya rasa. Walaupun begitu terdapat beberapa fakta sukun yang mungkin belum kalian ketahui dan pada artikel kali ini kami akan membahasnya untuk anda semua. 


Fakta sukun 

sukun - IGangelieivone


Di bawah ini adalah beberapa fakta yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber di internet tentang keunikan buah sukun yang sekarang ini namanya menjadi viral di trending Google sampai Twitter dan untuk fakta buah sukun adalah sebagai berikut. 


Sejarah buah sukun 


Seperti dikutip dari laman Wikipedia apabila buah sukun ternyata menjadi salah satu buah tertua yang sudah dimanfaatkan sebagai bahan pangan semenjak 40.000 tahun sebelum Masehi dan bukan hanya bisa dijadikan sebagai makanan saja namun bisa dijadikan sebagai bahan obat. 


Selanjutnya buah sukun tersebut pertama kali dibawa dari Australian selanjutnya Papua Nugini sampai Indonesia Malaysia menuju oseania dan Pasifik. Selanjutnya 30.000 sebelum Masehi, para pelayar membawa buah sukun sampai ke pulau Solomon dan ketika mereka menuju perjalanan ke tahitian yang terjadi pada tahun 1769, kapten James Cook diperkenalkan dengan buah sukun yang selanjutnya dibawa ke negara Inggris. 


Habitat buah sukun 


Salah satu hal yang sangat unik dari buah ini yaitu untuk tanaman sukun sangat menyukai iklim tropis seperti di Indonesia yaitu yang meliputi Suhu 20 sampai 40 derajat Celcius dan juga menyukai curah hujan tinggi sampai 3000 MM dalam satu tahun dan menyukai lembab lengas nisbi sampai 90%. 


Nama latin buah sukun 


Untuk nama latin dari buah sukun diketahui bernama artocarpus altilis yang sangat baik tumbuh kembang di daratan rendah dan di daratan tinggi dengan ketinggian kurang lebih 600 meter diatas permukaan laut. 


Banyak manfaat untuk kesehatan 


Tidak bisa dipungkiri apabila buah sukun dari dahulu sampai sekarang dipercaya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia seperti menekan resiko penyakit diabetes, menekan risiko penyakit jantung, dan beberapa penyakit lain. 


Keripik buah sukun 


Salah satu makanan khas dari buah sukun dengan harga yang lumayan mahal ketika kalian mencarinya yaitu keripik buah sukun dan rasanya terbilang sangat enak dan tidak kalah dengan kripik talas ataupun sampel. 


Banyak ditemukan di Indonesia 


Salah satu negara selain Malaysia yang banyak ditemukan buah sukun adalah negara Indonesia dikarenakan Indonesia menjadi salah satu negara dengan iklim tropis sehingga untuk mencari buah sukun di beberapa wilayah di tanah air tidaklah begitu sulit. 


Manfaat sukun 


Setelah kalian mengetahui apa saja fakta tentang buah sukun yang menjadi salah satu buah tertua di dunia, di bawah ini adalah manfaat buah sukun yang mungkin belum kalian ketahui terutama untuk masalah kesehatan. 


Mengobati diabetes 


Salah satu manfaat dari buah sukun yaitu bisa menekan risiko diabetes malahan sampai mengobati diabetes dikarenakan di dalam buah sukun kaya akan serat dan selanjutnya kandungan serat yang ada di dalamnya bisa menjadi angin segar bagi para penderita penyakit diabetes, malahan dalam hasil penelitian yang banyak dilakukan oleh para ahli apabila buah sukun jika dikonsumsi secara teratur bisa mengurangi resiko diabetes dan juga bisa mengontrol kadar gula darah manusia. 


Mengobati resiko jantung 


Menekan resiko jantung merupakan manfaat kedua dari buah sukun yang bisa dikonsumsi oleh manusia dimana buah sukun bisa mengurangi kolesterol jahat dan mendorong jumlah kolesterol baik di dalam tubuh manusia dan juga buah sukun merupakan salah satu sumber asam lemak omega 3 ya memang sangat baik untuk kesehatan jantung manusia. 


Bisa mengeluarkan racun 


Apabila tubuh manusia terdapat toksin atau racun maka dengan mengkonsumsi buah sukun hal ini bisa menjadi obat untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh manusia, dikarenakan serat di dalam sukun bisa menjaga fungsi usus dengan baik dan juga bisa mengeluarkan kotoran dan Racun dari usus. 


Kontrol berat badan 


Manfaat selanjutnya dari buah sukun Yaitu dapat mengontrol berat badan manusia sehingga bagi mereka yang ingin diet maka aman mengkonsumsi buah sukun dikarenakan mengandung kalori yang sedikit akan tetapi serat yang tinggi. 


Mencegah infeksi kulit dan ruang 


Dengan memakan buah sukun secara teratur maka hal ini dipercaya dapat membuat kulit lebih sehat baik dari dalam dan juga luar tubuh malahan di dalam beberapa studi membuktikan, kan anti oksidan yang ada pada buah sukun bisa mencegah infeksi kulit dan ruam pada kulit. 


Membuat rambut tetap sehat 


Bagi kalian yang mempunyai penyakit di area kepala termasuk rambut yang kering dan sebagainya maka direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah sukun dikarenakan buah sukun dipercaya bisa mencegah gangguan rambut diantaranya rambut rontok sampai ketombe.

Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon