Rabu, 11 November 2020

Fakta Habib Luthfi Resmi Dapat Gelar Doktor Honoris Causa

 ALHIDAMART.COM - Fakta Habib Luthfi Resmi Dapat Gelar Doktor Honoris Causa Salah seorang ulama kharismatik bagi seluruh masyarakat yang ada di Indonesia yaitu Habib Luthfi atau yang mempunyai nama asli Muhammad Luthfi bin Yahya yang sebelumnya sempat viral dikarenakan menjadi dewan pertimbangan Presiden Joko Widodo dan ternyata, sekarang ini Abah Habib Lutfi resmi mendapatkan gelar honoris causa yang berasal dari Universitas Negeri Semarang atau Unnes. 


Terdapat beberapa fakta terbaru dari sosok Habib Luthfi yang resmi mendapatkan gelar doktor honoris causa dari Universitas Unnes dengan beberapa keterangan lengkap yang kami ambil dari berbagai sumber di internet. Ulama sekaligus Habib asal Pekalongan ini, resmi mendapatkan gelar doktor kehormatan untuk bidang ilmu pendidikan bahasa bidang komunikasi dakwah dan sejarah kebangsaan dan memang hal ini sangat cocok disematkan kepada Habib Luthfi. 


Fakta Habib Lutfi dapat gelar doktor honoris causa 


Habib Luthfi - igdarulhasyimijogja
Habib Luthfi - igdarulhasyimijogja


Seperti dikutip dari berbagai sumber di internet, di bawah ini adalah beberapa fakta yang mungkin belum kalian ketahui tentang sosok Habib Muhammad Luthfi bin Yahya yang sekarang ini sedang berbahagia dikarenakan dipercaya oleh Universitas Negeri Semarang mendapatkan gelar doktor kehormatan untuk ilmu pendidikan bahasa bidang komunikasi dakwah dan sejarah kebangsaan. 


Keturunan nabi Muhammad SAW 


Habib Luthfi bin Yahya merupakan keturunan dari kaum ba'alawi sada yang menjadi keluarga besar yang tinggal di Hadramaut arab Saudi dan diketahui apabila Habib Luthfi merupakan keturunan ke-37 yang langsung dari Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. 


Memperoleh pendidikan dari sang ayah 


Ternyata Maulana Al Habib bin Ali bin Yahya memperoleh pendidikan di bidang keagamaan dari ayah tercinta yaitu Habib al Hafidz ‘Ali al Ghalib, selanjutnya beliau meneruskan studi di Madrasah Salafiyah selama 3 tahun dengan guru dan juga pamannya sendiri. 


Belajar di berbagai penjuru dunia 


Selanjutnya pada tahun 1959, ulama kharismatik Nahdlatul Ulama ini yang lahir pada tanggal 10 November 1947 meneruskan studi di pondok pesantren benda Kerep yang ada di kota Cirebon dan selanjutnya meneruskan pesantren ke Indramayu, purwokerto, dan Tegal. 


Setelah itu Habib Luthfi meneruskan pendidikan pesantren ke luar negeri salah satunya di pesantren yang ada di Mekah yang sangat terkenal dan juga meneruskan pesantren yang ada di Madinah dan beberapa negara lain. 


Bidang ilmu agama yang dikuasai oleh Habib Luthfi diantaranya adalah ilmu fiqih dan ilmu Syariah, ilmu tasawuf, dan ilmu thoriqoh. 


Menjadi dewan pertimbangan presiden 


Sosok ulama kharismatik yang juga keturunan langsung dari Rasulullah Muhammad SAW beberapa waktu yang lalu resmi menjadi dewan pertimbangan presiden sampai 2024 dan hal ini sangat pantas disematkan kepada Habib Luthfi dikarenakan beliau adalah pendiri mahasiswa Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al Mu'tabaroh An Nahdliyyah atau yang biasa dikenal dengan MATAN yang menjadi salah satu organisasi Nahdlatul Ulama bagi para mahasiswa, jejak karir Habib Luthfi pernah menjadi ketua umum MUI se-jawa Tengah, ketua forum Sufi internasional, dan beberapa gelar lainnya. 


Suka mengadakan pengajian santri dan orang tua 


Habib Luthfi yang menjadi pembina dari Majelis Taklim kanzus sholawat Pekalongan adalah sosok yang tidak berhenti mengamalkan ilmu kepada santri sampai orang tua termasuk ibu-ibu udah salah satu pengajian yang paling terkenal yaitu pengajian thoriqoh yang berlangsung pada Jumat Kliwon pagi hari, pengajian Fathul Qorib setiap hari Rabu Pagi yang dimaksudkan untuk ibu-ibu. 


Banyak pengajian yang dibuka oleh pria berusia 72 tahun tersebut dalam rangka menyebarkan Islam rahmatan lil alamin dan juga menerapkan jiwa hubbul Wathon minal iman atau sikap kebangsaan sehingga beliau secara langsung mendapatkan kehormatan diangkat menjadi dewan pertimbangan presiden dan yang paling terbaru mendapatkan gelar doktor honoris causa.

Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon