Sabtu, 06 Februari 2021

Fakta dan Makna Lagu Genjer-Genjer Yang Dilarang Sejak ORBA

 ALHIDAMART.COM - Fakta dan Makna Lagu Genjer-Genjer Yang Dilarang Sejak ORBA Salah satu lagu yang sekarang ini trending dan menjadi perbincangan netizen di media sosial yaitu lagu lama berjudul genjer-genjer. Lagu ini, menjadi salah satu lagu yang sangat dilarang semenjak Orde Baru dikarenakan ada indikasi dalam makna lirik lagu genjer-genjer yang berhubungan erat dengan Partai Komunis yaitu PKI. Konspirasi yang dituding oleh pemerintah Orde Baru pada lirik lagu genjer-genjer ada erat kaitannya dengan PKI yang memang sangat dilarang oleh pemerintah saat itu sampai sekarang. 


Lagu genjer-genjer menjadi salah satu lagu yang memang sangat ditakuti oleh pemerintah Orde Baru dimana lagu ini diciptakan untuk menggambarkan situasi dan juga kondisi seluruh masyarakat Indonesia terutama masyarakat Banyuwangi ketika berada pada masa penjajahan Jepang dan selanjutnya seiring perkembangan, dan lagu tersebut merupakan lagu untuk mengisaratkan penderitaan rakyat Indonesia ternyata mulai bergeser makna. 


Fakta lagu genjer-genjer 


Lagu Genjer-Genjer - Youtube
 Lagu Genjer-Genjer - Youtube



Di bawah ini adalah beberapa fakta terkait lagu genjer-genjer yang menjadi salah satu lagu dilarang dan dicekal masa orde baru atau orba. 


Dilarang sejak pemerintah orba 


Dikarenakan dalam liriknya mengandung beberapa hal konspirasi tentang PKI, pemerintahan orde baru yang saat itu kepala negaranya almarhum Soeharto langsung melarang beredarnya lagu tersebut dengan alasan terdapat intrik dari lirik yang ada kaitannya dengan PKI. 


Sejarah lagu genjer-genjer 


Negara Jepang saat itu merebut kekuasaan Belanda dan selanjutnya mereka membuat kebijakan pemerintah yang sangat kejam dan hal ini mengakibatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di Indonesia saat itu semakin tidak mampu malahan berada di garis kemiskinan. 


Di dalam salah satu buku yang dirilis di tahun 2007 seperti yang diungkapkan utan Parlindungan melalui buku berjudul musik dan politik genjer-genjer kuasa dan kontestasi makna apabila masyarakat Banyuwangi di saat itu terkenal dengan daerah yang sangat kaya yang ternyata terkena imbas dari keberadaan kependudukan Jepang. 


Warga Banyuwangi terpaksa mengolah daun genjer yang berada di sekitar sungai untuk dijadikan bahan makanan pokok sehingga mereka yang tadinya kaya menjadi miskin. 


Pencipta lagu genjer-genjer 


Salah satu masyarakat asal Banyuwangi bernama Muhammad Arif yang juga seorang musisi yang sangat terkenal dari sana ternyata berpikiran pintar dengan membuat sebuah lagu berjudul genjer-genjer di mana Iya merangkum peristiwa saat penjajahan Jepang ke dalam lagu tersebut. 


Erat Dengan PKI 


Setelah terjadinya gerakan s30pki yang menyeret Partai Komunis Indonesia ternyata lagu genjer-genjer langsung dicekal dan dilarang dan dianggap sebagai lagu PKI dikarenakan ternyata, sang pencipta lagu bergabung dengan PKI. 


Muhammad Arif sang pencipta lagu ternyata bergabung dengan lekra atau lembaga kebudayaan rakyat yang menjadi salah satu lembaga kebudayaan yang berafiliasi dengan partai PKI dan ternyata lagu ini menjadi salah satu bukti konsep seni untuk rakyat yang diperuntukkan bagi publik dan politik. 


Semenjak itulah lagu genjer-genjer yang memperoleh tempat di hati banyak orang dan juga kalangan politik langsung disuguhkan kepada petinggi PKI yang suka singgah di Banyuwangi dan ternyata PKI sangat tertarik dengan lagu tersebut sehingga sampai sekarang lagu genjer-genjer tidak bisa lepas dengan nuansa PKI. 


DN Aidit mengklaim apabila lagu genjer-genjer menjadi salah satu lagu mars PKI dimana dalam setiap pembukaan pertemuan PKI ternyata suka membawa lagu ini sehingga sangat tidak terpisahkan dan sangat erat dengan unsur PKI. 


Alasan lagu genjer-genjer dilarang 


Selanjutnya di bawah ini adalah beberapa alasan yang harus anda ketahui Kenapa lagu ini sangat dilarang semenjak pemerintahan orde baru dan hal ini dikarenakan: 


  1. Pengarang atau pencipta lagu genjer-genjer dan juga lagu tersebut bertumpu pada kedekatan dengan PKI yang secara langsung menanamkan konsekuensi di dalam lagu ini. 
  2. Terdapat beberapa isu yang beredar di kalangan umum baik saat itu dibangun oleh pemerintah dan masyarakat luas semenjak Orde Baru apabila lagu genjer-genjer mengandung stigma komunis. 
  3. Susunan lirik pada lagu tersebut dianggap sebagai simbol atau bermakna ganda sehingga diklaim terdapat konspirasi. 


Makna lagu genjer-genjer 


Seperti dikutip dari berbagai sumber di internet untuk lirik lagu genjer-genjer bisa kalian lihat pada gambar berikut, dan untuk maknanya adalah: 


Fakta dan Makna Lagu Genjer-Genjer
Fakta dan Makna Lagu Genjer-Genjer



  • Genjer-genjer pematang sawah yang berhamburan 2X 
  • Ibunya anak datang-datang mencabut genjer 2X 
  • Dapat 1 bakul selanjutnya bergegas pergi mendapat yang kecil-kecil 
  • Genjer-genjer sudah bisa dibawa pulang 
  • Genjer-genjer pagi-pagi dijual di pasar 2X 
  • Dipasang berjejer di tali ditaruh di bawah 2X 
  • Ibunya Jebing membeli membawa belasan 
  • Genjer-genjer sekarang sudah siap diolah 
  • Genjer-genjer ke dalam Kendil air mendidih 2X 
  • Setengah matang diangkat ingin dijadikan lauk 2X 
  • Nasi dua piring sambal jeruk dicampur 
  • Genjer-genjer sekarang sudah siap dimakan.


Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon