Sabtu, 13 Februari 2021

Niat Sholat Tahajud dan Keutamaanya

 ALHIDAMART.COM - Niat Sholat Tahajud dan Keutamaanya Seperti diketahui apabila umat muslim sekarang ini memasuki bulan Rajab yang menjadi salah satu bulan dimuliakan oleh Allah SWT. Pada postingan kami sebelumnya, kami sudah menjelaskan apa saja keutamaan puasa di bulan Rajab baik berpuasa 1 hari sampai 7 hari dan pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang salat tahajud mulai dari Niat Sholat Tahajud, tata cara salat tahajud, sampai keutamaan melaksanakan salat tahajud


Niat Sholat Tahajud sebetulnya sangat mudah dan bisa anda hafal secara langsung apalagi Bagi anda yang suka melakukan tiap malam dimana untuk sembahyang tahajud, sedikit berbeda dengan salat Sunnah pada umumnya. Hukum salat tahajud adalah sunnah dan waktu melakukan salat ini yaitu pada malam hari dan disyaratkan tidur terlebih dahulu. 


Niat Sholat Tahajud - IG
Niat Sholat Tahajud - IG



Salat tahajud dilaksanakan setelah anda tertidur walau hanya sejenak dimana saraf utama salat ini yaitu tidur dan selanjutnya Anda bangun, mengambil air wudu, lalu bisa melakukan salat tahajud terutama pada sepertiga malam. 


Harus anda ketahui apabila salat tahajud dilakukan tanpa tidur terlebih dahulu maka Bukankah salat tahajud akan tetapi nantinya termasuk salat Sunnah biasa seperti Witir atau salat istikharah. Mekah oleh karena itu, bagi siapapun yang ingin melakukan salat tahajud sangat direkomendasikan untuk tidur terlebih dahulu dikarenakan menjadi syarat utama. 


Jumlah rakaat salat tahajud iya itu paling sedikit 2 rokaat dan untuk banyaknya salat tahajud tidak terhitung disesuaikan dengan kemampuan anda semua dan dalam fiqih madzhab Imam Syafi'i, tidak ada batasan untuk jumlah rakaat salat tahajud. 


Niat Sholat Tahajud 


Di bawah ini adalah lafal niat salat tahajud arab beserta artinya dan juga kami tambahkan latin, supaya bisa menjadi referensi bagi yang ingin melakukan salat malam ini. 


صَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَىI 


Latin: Usholli sunnatan tahajjudi rok'ataini lillahi ta'ala. 


Artinya dalam bahasa Indonesia: Saya berniat melakukan salat sunnah tahajud 2 rakaat karena Allah Ta'ala. 


Artinya dalam bahasa Sunda: Niat abdi salat tahajud 2 rokaat sunnah Karena Allah. 


Waktu pelaksanaan salat tahajud 


Setelah anda Membaca niat salat tahajud, maka di bawah ini adalah waktu terbaik untuk melakukan salat tahajud diantaranya adalah: 


  • Direkomendasikan salat tahajud dimulai dari setelah salat Isya sampai jam 22.00 WIB atau sepertiga pertama Malam 
  • Jam mulai jam 22.00 sampai jam 01.00 atau dikenal sepertiga Malam Kedua 
  • Mulai jam sebelum memasuki waktu subuh atau sekitar jam 01.00 yang biasa dikenal dengan sepertiga malam ketiga. 


Tata cara salat tahajud 


Selanjutnya di bawah ini seperti dikutip dari laman NU adalah tata cara untuk melakukan salat tahajud diantaranya adalah: 


  • Niat melakukan salat tahajud 
  • Takbiratul Ihram disertai doa iftitah 
  • Membaca surat al-fatihah 
  • Membaca surat baik pendek atau panjang dari Alquran 
  • Ruku dan tuma'ninah 
  • Itidal dan tuma'ninah 
  • Sujud dan tuma'ninah 
  • Duduk diantara dua sujud dan tuma'ninah 
  • Berdiri kembali untuk melakukan rakaat kedua 
  • Membaca surat al-fatihah 
  • Membaca surat dari Alquran 
  • Ruku dan tuma'ninah 
  • I'tidal dan tuma'ninah 
  • Sujud dan tuma'ninah 
  • Duduk diantara dua sujud disertai tumaninah 
  • Sujud kedua dan tuma'ninah 
  • Tahiyat akhir 
  • Membaca salam. 


Doa ba'da salat tahajud 


Untuk masalah doa sebetulnya sangat banyak akan tetapi yang paling direkomendasikan yaitu membaca doa: 


ربنا آتنا في الدنيا حسنة، وفي الآخرة حسنة


Untuk doa yang panjang yang bisa anda bacakan yaitu doa yang sesuai dari riwayat Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan imam muslim: 



اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ.

 وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ

 وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ

 وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ

 وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ.

 اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ 


Artinya 


Ya Allah Tuhan kami, mi semua Puji untuk Allah engkau adalah penegak langit, bumi, dan makhluk yang ada di dalamnya. Segala puji bagi Allah yang menguasai langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi Allah, engkau adalah Cahaya Langit, bumi, my dan makhluk di dalamnya. 


Segala puji bagi Allah yang Maha Benar, semua janji Allah adalah benar, pertemuan denganmu kelak akan benar. Firman Allah benar adanya, surga adalah nyata dan Raka pun nyata. 


Para nabi itu benar demikian juga dengan Nabi Muhammad SAW adalah benar. Hari kiamat itu benar. Ya Allah ya Tuhanku, hanya kepada Allah aku berserah, hanya kepada Allah aku beriman, hanya kepada-mu aku pasrah, hanya kepada-mu aku kembali, karena Allah aku rela bertikai, hanya padamu dasar putusan ku. 


Oleh karena itu, ampuni dosaku yang sudah lalu dan yang akan datang, dosa yang ku sembunyikan dan yang ku Perlihatkan, kan dan dosa lain yang lebih kau ketahui jika dibandingkan aku. Engkau yang maha terdahulu dan maha terkemudian, tiada Tuhan selain Allah, tiada daya upaya dan kekuatan selain hanya Pertolongan Allah SWT. 


Keutamaan salat Tahajud 


Selanjutnya di bawah ini adalah beberapa keutamaan dalam pelaksanaan salat tahajud diantaranya adalah: 


  • Salat tahajud menjadi salah satu salat sunah yang paling utama dan biasa dikenal dengan julukan qiyamul Lail di mana salah satu hadis Rasulullah menjelaskan dan seperti yang diriwayatkan oleh Imam An Nasa'i, apabila salat yang paling afdol setelah salat fardhu adalah salat malam atau salat tahajud. 
  • Salat tahajud menjadi kunci masuk surga seperti dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi yang menegaskan apabila Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: Sebarkanlah salam, berikanlah makan orang yang membutuhkan, sambungkanlah Silaturahim, dan shalatlah di malam hari ketika orang lain tidur dimana niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat. 
  • Menjadi kemuliaan dan kewibawaan, bagi siapapun yang melaksanakan salat tahajud maka mereka akan memperoleh kemuliaan dan kewibawaan dari Allah SWT seperti salah satunya hadits riwayat Hakim dan Hasan di mana Rasulullah bersabda: 
وَاعْلَمْ أَنَّ شَرَفَ الْـمُؤْمِنِ قِيَامُهُ بِاللَّيْلِ 
Artinya: Dan ketahuilah, apabila kemuliaan dan kewibawaan seseorang Mukmin berada pada salat malamnya HR. Hakim dan Hasan. 
  • Siapapun yang melaksanakan salat tahajud, maka dijamin ketenangan hati dan akan terhindar dari rasa gelisah takut dan gundah Gulana. 
  • Allah akan memelihara orang yang suka melaksanakan salat tahajud dari semua bencana 
  • Salat tahajud bisa menjadi salah satu metode penolak penyakit 
  • Siapapun yang melaksanakan salat tahajud, maka mereka bisa memperoleh kebaikan di dunia dan juga di akhirat 
  • Doa orang yang rajin salat tahajud akan diijabah.

Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon