Minggu, 23 Mei 2021

Wilayah Gerhana Bulan Total Super Blood Rabu 26 Mei 2021

 ALHIDAMART.COM - Wilayah Gerhana Bulan Total Super Blood Rabu 26 Mei 2021 Salah satu informasi yang sangat penting bagi umat muslim yang ada di Indonesia yaitu pada hari Rabu 26 Mei 2021 dipastikan akan ada ada gerhana bulan total atau yang biasa dikenal dengan sebutan super blood moon dimana anda dapat menyaksikan bagaimana gerhana langka yang kembali akan terlihat di sejumlah daerah di tanah air. 


Gerhana bulan total atau super blood moon dipastikan akan terjadi pada hari Rabu 26 Mei 2021 di sejumlah daerah di Indonesia. Hal ini sudah diinformasikan oleh pihak balai Besar meteorologi klimatologi dan geofisika atau BMKG yang mengatakan apabila akan terjadi fenomena Blood Moon pada hari Rabu atau malam Kamis dan fenomena ini hanya terjadi saat fase bulan penuh dan selanjutnya mengalami gerhana bulan total. 


Gerhana bulan total terjadi ketika bumi bergerak diantara bulan dan matahari dan selanjutnya berada pada posisi garis lurus. Selanjutnya menurut R Jamroni, Staf Observatorium Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, apabila ketika awal gerhana nantinya bulan akan terlihat besar dan juga cerah hal tersebut dikarenakan Bulan berada di posisi paling dekat dengan bumi dan fenomena tersebut biasa dikenal dengan supermoon. 


Gerhana Bulan Total Super Blood
Gerhana Bulan Total Super Blood



Selanjutnya bulan akan terlihat merah seperti tembaga dikarenakan atmosfer bumi membiaskan cahaya matahari dan fenomena bulan merah atau gerhana total ini biasa dikenal dengan sebutan blood moon. Fenomena ini akibat dari gelombang cahaya panjang yang datang dari bumi sehingga bulan terlihat berwarna merah. 


Wilayah Gerhana Bulan Total Super Blood 


Untuk beberapa wilayah di Indonesia yang akan sangat jelas melihat gerhana bulan total di antaranya adalah: 


  1. Wilayah Asia Timur 
  2. Wilayah Asia Tenggara 
  3. Australia 
  4. Selandia Baru 
  5. Oseania 
  6. Sebagian benua Amerika 
  7. Seluruh wilayah di Indonesia. 


Fase Gerhana bulan total 


Gerhana bulan total terjadi dalam 7 fase dimana untuk fase awal biasa dikenal penumbra dan untuk fase terakhir yaitu akhir penumbra dan untuk lebih lengkapnya adalah sebagai berikut: 


Awal gerhana penumbra 


Biasanya bulan akan terlihat semakin membesar dan hanya bisa disaksikan oleh masyarakat yang ada di Papua dan Kepulauan Aru yaitu sekitar jam 17:46:12 WIT 


Awal gerhana sebagian 


Bulan akan tertutup bayangan bumi dan bisa disaksikan oleh masyarakat yang berada di daerah:  Papua, Papua Barat, Maluku (kecuali Kepulauan Aru), Maluku Utara, Sulawesi Utara, sebagian Gorontalo, sebagian Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Timur dan awal gerhana sebagian akan terjadi mulai dari jam 18:44:37 WIT atau 17:44:37 WITA. 


Awal gerhana total 


Pada fase ini bulan mulai terlihat berwarna merah dan bisa disaksikan oleh masyarakat di seluruh Indonesia kecuali di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan sebagian Riau. Dan untuk waktu gerhana total di daerah di wilayah Indonesia yaitu sekitar jam: 20:09:29 WIT atau 19:09:29 WITA atau 18:09:29 WIB. 


Puncak gerhana total 


Nantinya pada fase ini bulan akan terlihat merah dan bisa disaksikan oleh masyarakat di seluruh Indonesia kecuali daerah Aceh, Pulau Nias, dan sebagian Sumatera Utara dan selanjutnya untuk waktu Puncak gerhana total yaitu akan berlangsung pada jam 20:18:43 WIT atau 19:18:43 WITA atau 18:18:43 WIB. 


Akhir gerhana total 


Warna merah bulan akan mulai berganti dengan bayangan di sebagian permukaan dan password tersebut bisa terlihat oleh masyarakat di seluruh Indonesia yaitu pada jam 18:27:57 WIB 


Akhir gerhana sebagian 


Bayangan pada permukaan bulan akan menghilang dan bulan mulai terlihat cerah dan selanjutnya konsep tersebut dapat dilihat oleh seluruh masyarakat di Indonesia yaitu pada jam 19:52:49 WIB. 


Akhir penumbra 


Fase ini menjadi fase terakhir dari gerhana bulan total yaitu bulan mulai terlihat seperti biasa dan untuk waktunya sendiri yaitu pada jam 20:51:16 WIB.

Baca Juga :

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon