Rabu, 10 November 2021

Bisnis Food Truck Mulai Booming, Intip Tips Memulainya

Usaha kuliner modal food truck bukanlah hal yang baru karena telah diperkenalkan sejak abad ke 17. Walaupun bukan model bisnis baru, food truck selalu jadi pilihan praktis untuk berbisnis di berbagai negara termasuk Indonesia.

 

Fleksibilitas menjadi hal utama yang membuat bisnis ini dilirik. Anda bisa berpindah ke berbagai lokasi dan transaksi juga lebih mudah dengan aplikasi kasir untuk pengguna Android. Tidak perlu lagi menggunakan mesin kasir konvensional yang besar.

 

Hanya saja dalam membangun bisnis ini Anda harus tahu cara yang tepat mengingat sistemnya sedikit unik. Langsung saja cek seperti apa cara untuk memulai food truck.


Bisnis Food Truck
Bisnis Food Truck 


 

Tips Memulai Bisnis Food Truck agar Sukses

 

Ketertarikan pebisnis dalam usaha food truck bukan hanya tingkat fleksibilitasnya saa. Bisnis ini juga memiliki nilai modal yang tidak terlalu besar namun keuntungannya bisa tinggi.

 

Biaya investasinya yang lebih terjangkau untuk jangka panjang dengan konsep takeaway sangatlah menguntungkan. Jika terjadi perubahan tren soal menu atau lainnya, food truck lebih cepat untuk mengikuti.

 

Nah bagi Anda yang tertarik untuk mengelola bisnis ini, bisa cek tips untuk memulainya agar sukses berikut ini.

 

1. Pilih Konsep yang Sesuai dengan Tren

Konsep adalah hal utama dalam menentukan sebuah bisnis, termasuk food truck. Ada tiga jenis konsep yang harus dipertimbangkan. Pertama adalah ruang, karena keterbatasan ruang untuk dapur sampai penyajian Anda harus mendesain ruang yang efisien.

 

Peralatan yang digunakan juga harus dipilih yang lengkap namun tidak memakan banyak ruangan. Kedua adalah soal waktu operasional, walaupun foodtruck dapat berpindah dengan mudah namun Anda harus mematikan jam buka.

 

Ketiga adalah menyesuaikan dengan permintaan atau minat pelanggan terhadap jenis makanan. Begitu pula soal harga dan juga porsi yang Anda sediakan.

 

2. Desain dan Spesifikasi yang Dimiliki Food Truck

Modal terbesar yang dibutuhkan digunakan untuk desain food truck dan juga spesifikasi yang dimilikinya. Bagaimana cara Anda menarik pelanggan bukan dari menu tetapi juga desain food truck.

 

Saat ini ada banyak jenis food truck yang menarik seperti menggunakan mobil VW Combi. Anda bisa juga menggunakan mini van yang ukurannya cukup luas. Pastikan bahwa Anda membuat desain yang kekinian sesuai dengan tren.

 

3. Menciptakan Strategi Pemasaran

Tidak seperti dulu ketika pemasaran hanya bisa dilakukan melalui media koran, majalah dan tv. Kini Anda bisa melakukan pemasaran dengan beriklan di internet dan juga sosial media, biayanya pun akan jauh lebih murah dibandingkan pemasaran dulu.

 

Anda perlu merencanakan strategi pemasaran yang matang seperti membuat akun sosial media, rutin mengikuti event kuliner dan memasang iklan. Pastikan bahwa semua jenis strategi pemasaran yang dilakukan efektif demi mendatangkan konsumen.

 

4. Tak Lupa Mempersiapkan Promo

Tidak ada masyarakat yang akan melewatkan promo khususnya jika berhubungan dengan harga sangat murah. Penting untuk diketahui bahwa promosi juga jadi strategi pemasaran yang cukup jitu.

 

Ada beberapa promo menarik yang bisa dipilih seperti promo buy one get one, membagikan voucher, harga happy hour dan masih banyak lagi. Ciptakan promo menarik yang disebarkan melalui akun sosial media sehingga lebih banyak konsumen yang mengetahuinya.

 

5. Jangan Lupakan Lokasi yang Strategis

Disinilah efisiensi dari food truck yaitu Anda bisa memilih lokasi berjualan yang lebih fleksibel. Tidak hanya berada di satu tempat namun Anda bisa mencari beberapa tempat ramai untuk disinggahi, sesuaikan dengan jam ramai.

 

Pada saat mencari tempat ini Anda juga perlu mengecek seperti apa lisensi perizinan berdagang di area tersebut. Jangan sampai pada saat buka lapak, Anda justru diusir karena ternyata area tersebut bebas pedagang.

 

6. Perhatikan Soal Manajemen

Anda yang menjalankan bisnis secara mandiri tanpa tambahan karyawan tidak boleh melupakan soal manajemen. Meskipun saat ini Anda belum merasakan keuntungan, namun manajemen ini penting untuk mendukung keberlangsungan usaha.

 

Baik itu manajemen waktu operasional, standar pelayanan sampai dengan keuangan. Pastikan Anda memberikan produk terbaik kepada konsumen dan tetap menikmati keuntungan dari berjualan.

 

Memulai bisnis food truck memang tidak mudah dan bisa langsung cepat memperoleh keuntungan. Anda perlu komitmen dan cukup modal untuk operasional selama beberapa bulan ke depan.

 

 

Related Posts