Selasa, 08 Februari 2022

[ASK] Hari Valentine Tanggal Berapa?

ALHIDAMART.COM - [ASK] Hari Valentine Tanggal Berapa? Memasuki bulan Februari maka sudah menjadi hal biasa bagi mereka yang memperingati hari Valentine mempersiapkan segala sesuatunya bersama pasangan masing-masing. Walaupun di dalam Islam tidak ada peringatan Hari Valentine, akan tetapi banyak dari kaum muslim yang memperingati hari kasih sayang tersebut sebagai hari spesial yang biasa dinamakan di dunia sebagai Valentine Day. Banyak yang bertanya hari Valentine tanggal berapa?, Kapan hari kasih sayang?, kapan peringatan Hari Valentine Day? Dan Tanggal berapa hari Valentine?. 


Ketika banyak netizen yang menanyakan terkait hari Valentin tanggal berapa? Maka biasanya pertanyaan ini akan muncul setiap bulan Februari setiap tahun dan harus anda ketahui apabila hari kasih sayang 2022 masih sama dengan tahun yang lalu yaitu diperingati februari dan untuk tahun ini bertepatan dengan hari Senin 14 Februari 2022. 


Hari Valentine Tanggal Berapa
Hari Valentine Tanggal Berapa



Peringatan hari kasih sayang atau Valentine day memang sudah menjadi biasa bagi mereka yang memperingati nya dimana pada hari tersebut menjadi hari yang spesial bersama orang terkasih dan kebanyakan dari pasangan kekasih ini memperingati Valentine Day dengan momen yang sangat dipersiapkan supaya bisa menjadi Hari Istimewa untuk mereka. 


[ASK] Hari Valentine Tanggal Berapa? 


Hari valentine 2022 diperingati setiap tanggal 14 Februari yang mempunyai arti bagi sebagian orang di dunia akan memperingati hari tersebut dengan bentuk tindakan istimewa kepada pacar atau pasangan suami istri akan tetapi bagi sebagian umat muslim sangat tidak menyarankan memperingati hari valentine dikarenakan berpendapat hari tersebut bukanlah hari kebiasaan umat Islam sehingga haram untuk diperingati. 


Sejarah hari Valentine 


Apabila melihat sejarah singkat peringatan hari kasih sayang atau Valentine Day ternyata dahulunya merupakan salah satu festival yang diberi nama Lupercalia dan diperingati oleh bangsa Romawi kuno dan diadakan setiap pertengahan bulan Februari setiap tahun. 


Festival peringatan palentin dilakukan bertujuan sebagai perayaan datangnya musim semi dan termasuk di dalamnya terdapat peringatan upacara kesuburan dan pemasangan untuk menjodohkan pria dan wanita sehingga terkenal sebagai hari kasih sayang. 


Dipastikan apabila hari Valentin bukanlah kebudayaan Islam di mana kebudayaan ini datangnya dari festival Romawi malahan paus gelasius 1 sempat melarang perayaan lupercalia di akhir abad ke-5 dan selanjutnya beberapa orang waktu itu menggantinya dengan hari ST Valentine. 


Memasuki abad 14 terdapat tujuan lain dari perayaan Valentine yang berubah sangat drastis setelah sebelumnya hari valentine dirayakan bukan untuk hari romantis akan tetapi di Abad tersebut mulailah ada perubahan di mana Hari Valentine day termasuk hari romantis. 


Memasuki tahun 1800 kartu valentine mulai dicetak secara komersial pertama kali di Amerika Serikat dan selanjutnya hari ini biasanya menggambarkan terkait Cupid Dewa Cinta dari Romawi kuno dan bersamaan dengan suasana hati yang secara tradisional adalah pusat dari segala emosi. 


Selanjutnya hari Valentin saat itu sangat identik dengan ikon burung yang menjadi simbol dikarenakan dianggap pada pertengahan Februari bertepatan dengan musim kawin burung dan hari valentine day sangat populer di berbagai negara termasuk salah satunya Amerika Serikat selanjutnya Inggris Kanada dan Australia malahan di Asia sendiri di peringati di beberapa negara salah satunya Korea Selatan Malaysia sampai Indonesia.