Selasa, 15 Februari 2022

Sejarah dan Fakta Cap Go Meh 2022 Yang Jarang Diketahui

ALHIDAMART.COM - Sejarah dan Fakta Cap Go Meh 2022 Yang Jarang Diketahui Tepat pada hari ini selasa 15 Februari merupakan 15 hari usai Tahun Baru Imlek dan biasa dikenal bagi masyarakat tionghoa dengan sebutan Cap Go Meh. Mungkin dari sebagian anda ingin mengetahui apa saja sejarah dan fakta Cap Go Meh 2022 maka pada penjelasan kali ini, alhidamart akan memberikan penjelasan terkait masalah tersebut. 


Sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat tionghoa baik yang ada di Indonesia maupun luar negeri ketika memasuki 15 hari setelah Tahun Baru Imlek maka mereka merayakan Cap Go Meh dan ternyata ada sejarah dan fakta yang sangat unik yang jarang sekali diketahui dalam peringatan bagi masyarakat tionghoa atau Cina tersebut. 


Sejarah Cap Go Meh 


Seperti dikutip dari sebuah jurnal berjudul perjalanan multikultural dalam sepiring ketupat Cap Go Meh karya Listya Ayu dan Ayu Indah Wardani yang berasal dari Universitas Indonesia ternyata sejarah Cap Go Meh sudah ada semenjak ratusan tahun silam. 


Cap Go Meh 2022
Cap Go Meh 2022 



Diketahui di dalam jurnal apabila peringatan Cap Go Meh telah ada semenjak era dinasti Han tepatnya di abad 2 Masehi dan tradisi tersebut selanjutnya terbawa ke Indonesia melalui akulturasi dari masyarakat tionghoa. 


Selanjutnya perayaan Cap Go Meh secara harfiah yaitu perayaan di malam ke-15 tahun Baru Imlek atau dikenal dengan sebutan Sincia. 


Selanjutnya bahasa Cap Go Meh diambil dari dialek bahasa Hokkian yang mempunyai arti malam ke-15 dan peringatan cap gomeh sangat populer di Malaysia Indonesia dan Singapura. 


Berbeda dengan negara Cina peringatan Cap Go Meh merupakan puncak perayaan Tahun Baru Imlek sehingga kebanyakan perayaan tersebut lebih bersifat sosial dan Pesta Rakyat diantaranya adanya kegiatan pawai arak-arakan pertunjukan barongsai. 


Fakta unik Cap Go Meh 


Selanjutnya Berikut ini adalah beberapa fakta yang sangat menarik dari Cap Go Meh yang biasa diperingati oleh masyarakat tionghoa di antaranya: 


Tradisi makan bersama 


Selain adanya Pesta Rakyat dengan berbagai macam lampu lampion yang menghiasi sudut kotak ternyata peringatan Cap Go Meh yang dikenal dengan Festival yuanxiao Festival dirayakan di lingkungan keluarga dan biasanya tradisi yang terkenal yaitu makan bersama. 


Selanjutnya untuk makanan khas Cap Go Meh yaitu bola-bola beras ketan dan dimakan bersama kuah gula dan beberapa rempah selanjutnya untuk di Indonesia sendiri makanan khas Cap Go Meh biasanya dirayakan dengan makan ketupat Cap Go Meh sampai makan lontong. 


Lontong cap gomeh 


Fakta unik lainnya ternyata ketika memperingati Cap Go Meh masyarakat tionghoa di Indonesia akan menyajikan makanan wajib yaitu lontong cap gomeh di mana hal ini menjadi makanan adaptasi yang dilakukan oleh peranakan Tionghoa di tanah air sehingga makanan spesial yang harus ada di malam Sabtu Go Meh adalah lontong. 


Pesta perayaan 


Sampai 15 hari setelah tahun Baru Imlek maka biasanya lampu lampion beraneka warna masih akan tetap ada dan kebanyakan di berbagai negara terutama China Singapura Malaysia dan Indonesia dalam peringatan cap Go Meh maka akan ada perayaan seperti barongsai dan lain sebagainya.

Related Posts