Senin, 26 September 2022

Cara Mudah Melihat QR dan Barcode Shopeepay

Cara Mudah Melihat QR dan Barcode Shopeepay - Sebagai pengguna Shopee, tentu sudah mengetahui bahwa kini ada fitur baru yakni kode QR dan barcode shopeepay yang membuat proses jual beli semakin praktis. Fitur ini mampu membuat kita melakukan beberapa hal dengan jauh lebih cepat dan mudah, seperti ketika ingin melakukan pembayaran ataupun melakukan top up saldo. Mari simak cara paling mudah untuk melihat kode QR dan barcode di aplikasi ini.

Cara Mudah Melihat QR dan Barcode Shopeepay


Barcode Shopeepay

Untuk melihat barcode dan kode QR, sebenarnya cara yang perlu dilakukan tidak terlalu sulit. Akan tetapi, bagi Anda yang masih belum merasa familier dengan tampilan aplikasi Shopee, mungkin akan merasa kebingungan mengenai letaknya. Lantas, bagaimanakah caranya?

Buka Aplikasi Shopee

Langkah paling awal yang perlu dilakukan tentunya dengan memastikan bahwa aplikasi Shopee sudah terinstal di perangkat Anda. Jangan lupa untuk melakukan update pada aplikasi Shopee yang terbaru sehingga fitur barcode dapat muncul di menu. Lalu, Anda dapat masuk ke akun Shopee dengan memasukkan email atau nomor ponsel.

Apabila aplikasi sudah berhasil dibuka, pada halaman utama Anda akan melihat tap menu ShopeePay di bagian atas. Menu tersebut berada di bawah menu Search Bar dan ditandai dengan saldo ShopeePay yang terpampang dengan jelas. Anda dapat memilih bagian kode QR ShopeePay dengan memilih menu Kode Bayar.

Ketik PIN ShopeePay

Sebelum melihat kode QR ShopeePay, maka Anda harus memasukkan PIN Shopeepay yang sebelumnya sudah dibuat. Masukkan 6 digit angkat lalu secara otomatis kode QR pun akan segera terlihat. Pada tahap ini, Anda dapat memakai kode tersebut untuk melakukan top up atau membayar kepada sesama pengguna ShopeePay.

Kemudian jika ingin melihat barcode, maka Anda tinggal memencet tombol ganti ke barcode yang ada di bawah kode QR tadi. Setelah itu, maka barcode pun akan muncul dan Anda bisa membagikannya ke penjual atau kontak WhatsApp agar di-scan untuk melakukan pembayaran transaksi.

Ketentuan Tambahan Saat Memakai Kode QR ShopeePay

Meskipun melihat kode QR dan barcode di Shopee cukup mudah, namun ada beberapa ketentuan tambahan yang perlu diketahui ketika ingin menggunakan fitur tersebut. Beberapa ketentuan itu adalah seperti berikut:

Apabila ingin memakai fitur ini untuk membayar di merchant offline, maka Anda dapat memanfaatkan koin Shopee dan voucher yang sudah dimiliki.

Kode QR ShopeePay hanya dapat digunakan dan aktif selamat 60 detik atau 1 menit ketika Anda sudah membukanya.

Cara Transfer ShopeePay Memakai Kode QR

Untuk melakukan transfer ShopeePay dengan kode QR, caranya pun tidak kalah mudah. Ini beberapa langkah singkat yang dapat Anda praktikkan sendiri untuk mentransfer ShopeePay memakai kode QR.

Simpan kode QR orang lain yang akan Anda transfer

Kemudian buka aplikasi Shopee dan scan kode QR tadi

Masukkan foto kode QR dengan menekan tombol kamera di pojok kanan atas

Isi nominal uang yang ingin ditransfer, lalu klik opsi Lanjutkan

Jika detail pembayaran sudah benar, klik Transfer Sekarang

Transaksi pun selesai, dan orang yang sudah Anda transfer uang pun hanya perlu menunggu dana tersebut masuk ke akun Shopee mereka

Nah, begitulah langkah dan informasi mengenai kode QR dan barcode shopeepay yang dapat Anda perhatikan. Dengan metode yang sangat praktis dan efisien, kini Anda tidak perlu merasa kerepotan ketika ingin melakukan transaksi aplikasi Shopee.

Related Posts